Garam Dapur Bermanfaat untuk Kecantikan?

0

Seruni.id – Sosok si putih imut, garam, sering digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan. Ternyata garam tidak hanya bermanfaat untuk makanan saja, garam juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Termasuk juga untuk kulit dan rambut.

Sejatinya, garam laut menyimpan kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Mulai dari magnesium, kalsium, sodium, hingga potassium. Kurangnya beberapa mineral dalam kulit, dapat menyebabkan kulit kering, gatal-gatal, dan kulit yang rusak.

Pada  garam dapur terkandung unsur sodium dan chlor (NaCl). Dimana unsur sodium sangat penting untuk mengatur proses keseimbangan cairan di dalam tubuh, disamping fungsinya dalam mengatur kelancaran proses transmisi saraf dan kerja otot.

Dilansir Boldsky, berikut lima manfaat garam dapur yang bisa digunakan untuk kecantikan:

1. Body Scrub

Garam membantu proses eksfoliasi pada kulit. Eksfoliasi dapat membantu untuk menghilangkan kulit mati dan membuat kulit cerah dan halus.

Cara penggunaannya mudah, yaitu campurkan 1/4 cup garam dapur dan 1/2 cup minyak zaitun. Selanjutnya aduk hingga menjadi kental dan balurkan pada kulit.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, lakukan rutin seminggu sekali agar hasilnya maksimal.

2. Masker

Garam juga bisa dibuat menjadi masker. Masker dari garam dibuat dengan campuran madu agar kulit lebih lembab.

Adapun cara untuk membuat masker garam adalah campurkan 2sdm garam dan 4 sdt madu, kemudian aduk rata hingga kental. Oleskan pada kulit dan diamkan selama 10-15 menit.

3. Toner

Fungsi toner adalah membantu mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Sedangkan garam dapat membantu mengecilkan pori-pori pada wajah dan menetralkan pH kulit.

Campurkan 2sdm garam dan air hangat secukupnya. Jika garam sudah larut menyatu dengan air, masukkan ke botol kemudian aplikasikan dengan kapas.

4. Menghilangkan Ketombe

Garam juga diketahui dapat mencegah kulit kepala kering, juga mengurangi ketombe pada rambut.

Taruh garam secukupnya pada kulit kepala sebelum membasahi rambut. Kemudian, gosok secara perlahan.

5. Mengatasi Mata Bengkak

Ternyata garam juga berfungsi untuk mengatasi mata bengkak. Campurkan satu sendok makan garam dengan air hangat dan aduk hingga garam larut dalam air. Celupkan kapas pada air, dan oleskan di area yang bengkak tersebut.

Ternyata banyak ya fungsi garam untuk kesehatan dan kecantikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.