Gardu Induk Maros Beroperasi, Listrik di Sulsel Makin Andal

0
Sulsel

Ngelmu.co – PLN kembali memperkuat sistem kelistrikan di Sulawesi Selatan (Sulsel), khususnya di Kabupaten Maros. Hal ini ditandai dengan Gardu Induk (GI) berkapasitas 150 kV Maros Extension yang sukses energized pada Kamis lalu (26/4).

Dengan energized-nya GI tersebut, kapasitas daya terpasang di Sulsel akan bertambah dari 30 Mega Volt Ampere (MVA) menjadi 60 MVA.

Baca juga: PLN Percepat Pekerjaan Kabel Bawah Tanah Untuk Sukseskan Asian Games 2018

“Alhamdulillah GI 150 kV Maros Extension telah energized Kamis lalu (26/4). Dengan beroperasinya tambahan trafo daya pada GI tersebut, maka mutu dan keandalan sistem distribusi semakin baik dan diharapkan menjadi pendorong tumbuhnya sentra bisnis di Sulawesi Selatan, khususnya Kabupaten Maros dan sekitarnya,” tutur Direktur Bisnis Regional Sulawesi PLN Syamsul Huda.

Pembangunan GI di Sulsel yang dilaksanakan oleh PLN sejak 7 November 2016 ini memiliki nilai investasi sebesar Rp 14.245.286.000 dengan pendanaan yang berasal dari Anggaran PLN (APLN).

Baca juga: PLN Siapkan Satu Milyar Volt Listrik untuk Industri dan Bisnis di Bekasi

Pada saat ini, sistem kelistrikan di Sulawesi Bagian Selatan (Sulsel) memiliki daya mampu sebesar 1.400 Mega Watt (MW) dan beban puncak sebesar 1.100 MW, sehingga sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan memiliki peluang pasar sebesar 300 MW. Untuk meraih peluang pasar tersebut, PLN akan terus meningkatkan mutu dan keandalan sistem kelistrikan.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.