7 Ibadah yang Bisa Menambah Kecantikan Seorang Muslimah

0
kapanlagi.com

Seruni.id – Setiap wanita terlahir dengan keunikan dan kecantikan masing-masing. Tapi, secantik apapun, jika tidak diimbangi dengan kebaikan, ketulusan hati, serta kekuatan ibadah, lama-lama akan terlihat seperti barbie yang tak bernyawa.

Karena cantik tak hanya dilihat dari sisi luarnya saja, tapi kebaikan hati juga akan memancarkan kecantikan dari dalam diri. Hal yang bisa membuat wanita selalu menjaga hati adalah dengan beribadah. Wujud ketaatan kepada Allah ini akan senantiasa membuat wanita berhati-hati dalam bertindak dan perilaku.

Related image
wowkeren.com

Jadi, jika ingin wajah kita lebih bersinar dan cantik jelita, jangan hanya sibuk ke salon dan merawat diri di rumah, imbangi dengan 7 ibadah yang bisa memancarkan cahaya kecantikan, berikut ini:

1. Senyum

“Senyummu terhadap wajah saudaramu adalah sedekah.” (HR. Tirmidzi 1956, ia berkata: “Hasan ‎gharib”. Dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih At Targhib).‎

Setiap wanita akan bertambah kecantikannya jika ia murah senyum, bahkan senyum bernilai ibadah karena bisa menyenangkan hati orang yang memandangnya. Terutama seorang wanita yang tersenyum kepada mahramnya.

2. Wudhu

Berwudhu juga merupakan ibadah yang bisa menambah kecantikan seorang wanita. Ibadah ini bertujuan untuk mensucikan diri dari hadast kecil. Ketika akan salat, maka laki-laki atau perempuan harus melaksanakan ibadah wudhu terlebih dahulu.

Bukankah Nabi Muhammad juga pernah menjelaskan bahwa pada hari kiamat nanti Ia bisa mengenali umatnya karena ada bekas wudhu.

” Sejatinya ummatku pada hari qiyamat akan datang dalam kondisi wajah dan ujung-ujung tangan dan kakinya bersinar pertanda mereka berwudlu semasa hidupnya di dunia“ (diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim).

3. Salat Tahajud

Salat juga bisa menambah kecantikan para muslimah. Terlebih salat tahajud yang dilakukan pada malam hari ketika banyak orang memilih untuk tidur. Rasulullah SAW mengatakan bahwa Salat Tahajud bisa membuat wajah lebih berseri-seri.

” Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “ Malam masih panjang, tidurlah!”. Jika dia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas.” (HR. Bukhari dan Muslim).

” Barangsiapa banyak mengerjakan shalat di malam hari, wajahnya akan berseri di pagi hari” . (HR. Ibnu Majah)

4. Menyapa atau Menebar Salam

Salam adalah doa keselamatan bagi orang lain, maka ucapan salam yang kita beri pada saudara-saudara kita akan membuat malaikat mendoakan kebaikan yang sama untuk diri kita. Bukan hanya pahala yang besar, seorang muslimah yang ramah gemar menyapa dan menebar salam akan tampak lebih cantik daripada yang pelit salam.

“Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwa seorang pemuda melewati Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, sedang dalam keadaan duduk disebuah Majelis. Maka Pemuda ini mengucapkan “Assalamu’alaikum”, maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan : “bagi dia 10 kebaikan”. Lalu lewat Pemuda yang lain dan mengatakan : “Assalamu’alaikum wa rahmatullah, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan : “Bagi dia 20 kebaikan” kemudian lewat lagi Pemuda yang lainnya mengatakan : “Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuhu” Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan :”Bagi dia 30 kebaikkan” (HR. IbnuHibban 493, Abu Daud 5195, Tirmidzi 2689 dan ini adalah lafadz Ibnu Hibban)

5. Berdzikir

Dzikir adalah kegiatan mengingat Allah SWT dengan lafadz-lafadz. Tidak dipungkiri bahwa ibadah ini akan memunculkan ketenangan jiwa. Hal ini pun sudah dijelaskan dalam Al-quran. Bahwa hanya dengan mengingat Allah hati akan terasa tentram.

” (Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram” . (QS. Ar Ra’d : 28)

6. Puasa

Wanita di luar sana melaksanakan diet ketat untuk dapat memperoleh badan ideal. Seringkali aktivitas ini malah menimbulkan penyakit. Daripada diet tetapi tak bernilai ibadah, sebagai muslimah seharusnya mencoba langkah diet yang bernilai ibadah berikut ini. Ya, dengan berpuasa kita bukan hanya menahan diri dari lapar saja, tetapi juga dari nafsu serta syahwat, dari amarah serta mengontrol emosi.

Puasa akan berdampak psikologis berwujud timbulnya ketenangan serta kedamaian. Hal tersebut akan berpengaruh pada fisik dalam membentuk guratan-guratan wajah yang lebih teduh serta anggun. Selain itu, rutin puasa sunnah adalah satu diantara diet yang efektif untuk memelihara tubuh muslimah tetap langsing.

Baca Juga: Mengganti Hutang Puasa dengan Fidyah atau Mengqodhonya?

7. Zakat dan Sedekah

Zakat dan sedekah sama dengan mengeluarkan harta kita untuk orang lain. Hal ini menghindarkan muslimah dari kecintaannya terhadap duniawi. Orang yang cinta dunia akan lebih cepat stres memikirkan apa yang bisa dibeli lagi, bagaimana menyimpan uang agar menjadi banyak, memikirkan barang-barang milik tetangga yang harganya lebih mahal.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Sedekah Menjadi Sia-sia

Ingin lebih cantik lahir batin? Lakukan ibadah-ibadah tersebut dengan niat yang ikhlas lillahi ta’ala, ya. Semoaga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.