Ternyata Mengeringkan Pakaian di dalam Rumah Bisa Menyebabkan Infeksi Paru!

0
kepohkuat.com

Seruni.id – Seringkali kita mengeringkan pakaian didalam rumah, terlebih jika keadaan cuaca tidak mendukung untuk mengeringkan di luar ruangan. Tahukah Anda bahwa mengeringkan pakaian didalam ruangan bisa sebabkan infeksi paru, loh. Bagaimana bisa menjemur pakaian di ruangan bisa menyebabkan infeksi paru?

Jika ingin mengetahui lebih lengkap, simak yuk penjelasan di bawah ini.

Dampak Negatif Mengeringkan Pakaian Didalam Ruangan Bisa Sebabkan Infeksi Paru

Image result for menjemur pakaian dalam rumah
Tribunnews.com

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengeringkan pakaian di ruangan sebabkan infeksi paru. Penyakit ini bisa timbul disebabkan karena menghirup penderita spora kecil jamur aspergillus. Biasanya, ketika memasuki tubuh, sistem kekebalan tubuh seseorang dapat melawan dan menghancurkannya sebelum menyebar ke paru-paru. Namun, seseorang dengan kondisi paru-paru yang rusak atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah menjadi lebih berisiko menderita penyakit ini.

Baca Juga: Kenali Gejala dan Cara Menangani TBC

Membiarkan pakaian basah atau lembab di dalam rumah dapat meningkatkan kelembaban didalam ruangan hingga 30%. Walaupun terdengar aman, namun ini menjadi kondisi yang sempurna bagi jamur untuk berkembang biak dan para ahli sangat prihatin dengan jamur Aspergillus fumigatus yang menjadi penyebab infeksi paru. Aspergillus diketahui dapat mempengaruhi sistem pernafasan seperti batang tenggorokan, sinus, dan paru-paru. Namun juga bisa melakukan perjalanan dari tenggorokan, sinus atau paru-paru ke bagian tubuh lainnya.

Hal ini tergangung pada tingkat keparahannya, gejala aspergillus yang timbul bisa berupa batuk ringan hingga batuk berdarah.Disamping itu, Profesit David Denning dan timnya dari National Aspergillosis Center di Manchester telah mengeluarkan peringatan setelah mengobati semakin banyak pasien yang menghirup udara yang dipenuhi oleh jamur Aspergillus.

Denning menjelaskan, pakaian basah mengandung hampir 2 liter air yang dilepaskan ke dalam ruangan. Sebagian besar orang mungkin bisa kebar terhadap jamur yang tumbuh dalam kondisi lembab atau tubuhnya dapat melawan infeksi. Namun, tidak demikian bagi mereka yang menderita asma dan sistem kekebalan tubuhnya lemah.

Denning menyarankan agar pakaian basah dikeringkan di luar rumah atau menggunakan mesin pengering. Namun, jika terpaksa harus mengeringkan jemuran diruangan, maka pilihlah tempat yang jauh dari kamar tidur dan ruang tamu.

Semoga info di atas bermanfaat ya, Moms.

LEAVE A REPLY