Ingin Hidup Lebih Lama? Mulailah Membaca

0

Seruni.id – Bagi para orang tua, tentunya ingin sekali bisa menyaksikan anak-anaknya tumbuh hingga dewasa bahkan hingga anaknya menikah dan memiliki anak. Banyak cara mereka lakukan agar dapat bertahan hidup lebih lama alias panjang umur, mulai dengan berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, melakukan meditasi, mengikuti seminar parenting, motivasi maupun kesehatan, dan lain sebagainya.

Nah di samping cara-cara tersebut di atas, sebenarnya ada cara simpel yang setelah dilakukan penelitian dapat membuat kita panjang umur, yaitu dengan membaca. Benarkah?

Para peneliti dari Universitas Yale ternyata menemukan bahwa orang yang membaca buku dapat hidup lebih lama. Mereka hidup 2 tahun lebih lama dibanding orang yang tidak suka membaca.

Menurut Profesor Becca Levy, director of the social and behavioural science division, orang-orang yang melaporkan membaca buku setengah jam sehari mendapat manfaat atas kelangsungan hidup yang cukup signifikan, dibanding mereka yang tidak membaca.

Ada lagi penemuan dari Universitas Toronto yang menyatakan bahwa membaca bisa membuat perasaan menjadi lebih tenang, nyaman, dan bahagia. Perasaan itu muncul karena dengan membaca dapat membuat otak menjadi lebih fresh dan pengetahuan menjadi bertambah.

Dari segi kesehatan, membaca dapat mengembangkan pola tidur yang sehat, menjauhkan resiko penyakit alzheimer (pikun), dan mengurangi stres. Jadi tidak heran jika membaca membuat kita menjadi hidup lebih lama alias panjang umur bukan?

Studi lain juga menyatakan bahwa membaca bermanfaat dalam meningkatkan pengalaman hidup seseorang. Apalagi jika yang kita baca adalah Al-Qur’an, selain membuat kita panjang umur, juga membuat wajah kita lebih bercahaya dan enak dipandang. Dari tiap ayat Al-Qur’an itu mengandung 10 kebaikan di dalamnya. Al-Qur’an juga menghindarkan kita dari segala kecemasan, kekhawatiran, rasa pesimis, dan kesedihan.

Nah, sepertinya dari berbagai penjelasan di atas, memang kita wajib membaca jika ingin panjang umur, 😀 . Tidak percaya? Yuk kita coba mulai daru sekarang.

-dari berbagai sumber-

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.