Ini 6 Minuman yang Bisa Atasi Diabetes

0
Ilustrasi Cek Gula Darah

Seruni.id – Anda atau keluarga menderita diabetes? Penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi minuman nol kalori. Ini akan membantu mencegah lonjakan gula darah.

Perlu diketahui sebelumnya, diabetes melitus, yang juga dikenal di Indonesia dengan istilah penyakit kencing manis adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor seperti kurangnya insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin (Insulin resistance), dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, sebagai akibat dari:

  • defisiensi sekresi hormon insulin, aktivitas insulin, atau keduanya.
  • defisiensi transporter glukosa.
  • atau keduanya.

Ketika seseorang menderita diabetes, itu artinya orang tersebut harus banyak membatasi diri dalam makanan dan gaya hidup Anda. Mengidap diabetes membuat Anda harus menyadari dan memahami semua yang Anda makan atau minum.

Selain itu, Anda juga harus tahu jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi dan bagaimana mereka dapat memengaruhi kadar gula darah Anda.

Penderita diabetes dilarang meminum minuman bersoda atau segelas minuman ringan, karena dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Minuman soda sangat berbahaya untuk pasien diabetes tipe 1 dan 2.

Lalu, minuman apa yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes? Berikut beberapa minuman umum yang sehat untuk penderita diabetes.

Kopi
Kopi bisa menurunkan kadar gula darah? Ya ternyata, konsumsi moderat dari kedua kopi tanpa kafein dan berkafein dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada wanita muda dan setengah baya. Namun jangan berlebihan, karena konsumsi berlebihan kopi dapat menaikkan kadar gula darah.

Susu
Tidak semua susu loh yang bisa menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian mencatat, produk susu rendah lemak berhubungan dengan kematian diabetes dan menurunkan serta mengurangi tekanan darah. Susu juga terbukti mampu untuk membantu penurunan berat badan pada penderita diabetes tipe 2 dan membantu mempertahankan fungsi penting tubuh. Susu dapat mengurangi tekanan darah tinggi pada penderita diabetes loh.
Teh hijau
Seperti yang diketahui, teh hijau rendah karbohidrat dan kalori. Pada sebuah penelitian menyatakan bahwa teh hijau dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan menurunkan tekanan darah. Teh hijau, yang kaya antioksidan ini, mampu membantu menetralisir efek peradangan yang melindungi Anda dari penyakit jantung koroner dan menurunkan risiko diabetes tipe 2.
Cuka apel
Hasil penelitian menyatakan bahwa cuka apel dapat membantu dalam meningkatkan sensitivitas insulin dan menekan aktivitas gula yang kompleks setelah makan. Cuka apel juga membantu untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme. Satu lagi fungsinya, cuka apel bisa mengurangi kadar gula darah setelah makan. Jadi, cara mudah Anda bisa mengonsumsi cuka apel adalah dengan menambahkannya ke dalam segelas air yang dicampur dengan jeruk nipis dan kayu manis.
Air kelapa
Pastinya sudah mengetahui jika air kelapa mengandung banyak vitamin esensial, mineral, asam amino, dan lain-lain. Secangkir air kelapa mengandung 0,1 mg riboflavin, 5,8 mg vitamin C, 57,6 mg kalsium, 60 mg magnesium, 600 mg kalium, 252 mg natrium, dan 0,3 mg mangan. Oleh karena itu, air kelapa memiliki kemampuan yang kuat untuk menjaga kadar gula darah, sehingga membuatnya menjadi minuman sehat untuk diabetes.
Air putih
Air putih adalah minuman pilihan terbaik bagi penderita diabetes. Air putih tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Oleh karena itu, penderita diabetes harus minum banyak air. Selain gula darah tidak naik dan air putih dapat membantu tubuh untuk menyingkirkan kelebihan glukosa melalui urine. Wanita harus minum sekitar 8 gelas air per hari, sedangkan pria sekitar 10 gelas air.

LEAVE A REPLY