Ini 7 Tips Keringkan Pakaian Lebih Cepat saat Musim Hujan

0

Seruni.id – Indonesia merupakan negara tropis, yang memiliki 2 musim. Ya, 2 musim itu adalah musim kemaran dan penghujan.

Ketika musim hujan terjadi, bisa dalam intesitas hujan yang rendah ataupun tinggi. Waktu terjadinya bisa sebentar ataupun lama.

Hujan yang datang dengan intensitas tinggi tak dapat dipungkiri akan menghambat aktivitas. Termasuk pula aktivitas mencuci pakaian.

Biasanya, saat musim hujan, banyak pakaian yang membutuhkan waktu lama untuk kering ketika dijemur. Hal tersebut karena matahari tidak maksimal bersinar lantaran tertutup awan gelap.

Lalu bagaimana mengeringkan pakaian tanpa adanya bantuan sinar matahari? Simak tips berikut ini ya Moms:

1. Keringkan dengan Mesin Cuci

Selain untuk mencuci, mesin cuci juga memiliki fungsi lainnya yaitu sebagai pengering. Nah, pengering tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan air yang masih tersisa di pakaian. Pengering pada mesin cuci ini bisa membantu kita mempercepat keringnya pakaian.

2. Gunakan Handuk

Kalau yang ini, cara yang mungkin belum diketahui banyak orang. Jika memiliki handuk kering, handuk tersebut bisa digunakan untuk mengeringkan pakaian yang basah loh.

Caranya bagaimana? Mudah kok Moms, tinggal menggabungkan pakaian basah dan kering, lalu memasukkannya ke dalam pengering mesin cuci. Ajaib! Pakaian basah akan kering seketika.

3. Jemur di Dalam Rumah

Menjemur pakaian basah dalam rumah mungkin akan menimbulkan bau lembab. Namun, tak ada salahnya untuk dicoba. Tetapi perhatikan lokasi menjemurnya ya, sebisa mungkin gunakan lokasi yang sering terkena hembusan angin.

4. Gunakan Setrika

Menggunakan setrika merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mengeringkan pakaian secara instant, namun jika kamu ingin menggunakan trik ini, pastikan meletakkan kain lainnya sebelum menekan setrika ke atas pakaian basah untuk menghindarkan konslet pada listrik.

5. Manfaatkan Kulkas

Cara ini juga memang tidak lazim, tapi tidak ada salahnya dicoba, bukan? Mudah caranya, yang perlu dilakukan adalah memasukkan pakaian basah ke dalam plastik, lalu simpan dalam freezer. Nah, keesokan harinya pakaian tersebut akan langsung kering! Coba deh, dijamin kering.

6. Gunakan Microwave

Nah, alat memasak satu ini juga kerap digunakan untuk mengeringkan pakaian. Seperti ini caranya, masukkan pakaian ke dalam microwave dengan menggunakan wadah, lalu atur suhu 130-159 derajat celcius dan birkan selama 10-15 menit. Jika pakaian belum kering, lakukan lagi proses pengeringan seperti sebelumnya. Namun dengan waktu yang lebih pendek. Namun tetap awasi bajumu agar baju tidak gosong ya.

7. Hair Dryer dan Kipas Angin

Beberapa dari alat elektronik seperti hair dryer dan kipas angin juga dapat dimanfaatkan, loh. Cukup angin-anginkan pakaian basah di depan hair dryer dan kipas angin beberapa saat, niscaya pakaian basahmu akan kering kembali. Mudah kan.

Silakan mencoba saat hujan datang, Moms. Semoga bermanfaat.

 

-Arumadewi-

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.