Ini Lho Aturan Minum Kopi Bagi Ibu Hamil

0
Ilustrasi Ibu Hamil

Seruni.id – Moms penggemar kopi? Setiap hari belum lengkap tanpa minum kopi walaupun Moms sedang hamil? Yup, minum kopi saat hamil memang tidak dilarang, namun Moms perlu memperhatikan asupan kafein yang masuk ke dalam tubuh.

Kopi adalah minuman kegemaran banyak orang. Tidak terkecuali bagi perempuan yang sedang hamil. Untuk ibu hamil, pasti banyak pantangannya, dan salah satunya adalah minum kopi.

Namun, ada banyak orang yang memang ketergantungan kopi di dalam kondisi apapun, termasuk saat dirinya hamil.

Apa benar ibu hamil bahaya minum kopi? Adakah bahaya dan takaran yang sesuai untuk minum kopi saat hamil?

Hasil dari sebuah penelitian dari The New Journal of Medicine menemukan fakta bahwa kemungkinan mengalami keguguran pada perempuan hamil dikarenakan terlalu banyak minum kopi. Hasil penelitian tersebut ditemukan pada 562 wanita hamil yang menjadi partisipan survei. Kandungan kafein di dalam kopi juga diduga sebagai penyebab adanya keguguran.

Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa wanita yang sedang hamil punya risiko keguguran lebih tinggi ketika minum lebih dari 8 cangkir kopi tiap harinya. Ini berlaku untuk kopi yang biasa dibeli di pasar swalayan atau di kafe-kafe pada umumnya.

Kopi bagi perempuan yang hamil sangat berbahaya karena zat kafein bisa masuk dan menembus plasenta bayi. Pada orang normal saja, kafein bisa mempercepat detak jantung dan ini juga berdampak sama pada jantung janin.

Lalu, berapa idealnya ukuran atau dosis minum kopi saat hamil?

Saat hamil, memang ada beberapa makanan dan minuman yang memang harus dibatasi asupannya. Semua makanan dan minuman yang mengandung kafein di dalamnya,  contoh teh, coklat, minuman ringan, minuman berenergi merupakan yang termasuk minuman yang batasannya harus diperhatikan pada ibu hamil. Cek dan baca petunjuk informasi kemasan baik-baik sebelum ibu hamil mengonsumsinya.

Batasan minum kopi saat hamil, Babycenter menganjurkan maksimal adalah 200 mg atau setara dengan dua cangkir kopi instan. Hal ini juga bisa disesuaikan dengan petunjuk kemasan pada makanan dan minuman yang akan Anda makan. Berikut contoh petunjuknya:

  • 80 mg kafein setara dengan sekaleng minuma berenergi
  • 140 mg kafein setara dengan secangkir kopi saring.
  • 60-80 mg kafein sama dengan secangkir kopi instan.
  • 40 mg kafein terkandung dalam sebotol soda.
  • 10-50 mg kafein ditemukan dalam secangkir teh.
  • 50g cokelat biasanya mengandung 25-50 mg kafein

Perhatikan kandungan kafein dalam teh, kopi, cokelat dan makanan lain yang tertera pada kemasan. Jangan sampai konsumsi kafein melebihi batas toleransi bagi ibu hamil. Jika Anda terbiasa mengonsumsi lebih dari dua cangkir kopi per hari sebelum hamil, Anda bisa beralih ke minuman jenis lain yang pastinya tidak mengandung risiko kafein dan lebih sehat baik untuk Anda maupun janin.

Sangat dianjurkan untuk mengurangi asupan kopi saat hamil. Perbanyak minum air putih serta makan-makanan bergizi lainnya untuk kesehatan ibu dan janin.

Sumber: Hellosehat.com. Baca artikel sumber.

LEAVE A REPLY