Ini Loh Alasannya Orang Gemuk Susah Ditemukan di Jepang

0
Orang gemuk

Seruni.id – Obesitas merupakan masalah hampir di semua negara. Namun, ada satu negara di mana orang obesitas sulit ditemui. Negara tersebut adalah Jepang. Ya, sulit menemukan orang gemuk di Jepang.

Oleh karena jumlah warga yang mengalami kegemukan di Negeri Sakura ini terbilang jarang terlihat, maka banyak masyarakat dunia yang begitu penasaran dengan kondisi yang dialami di Jepang ini.

Obesitas sendiri adalah kondisi kronis pada tubuh di mana terjadinya penumpukan lemak yang berlebih di dalam tubuh. Tumpukan lemak tersebut melebihi batas yang baik untuk kesehatan.

Seperti yang diketahui bahwa kondisi kegemukan hanya berdampak pada penampilan fisik penderitanya, tetapi juga meningkatkan risiko kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Perlu dipahami juga bahwa obesitas dan berat badan berlebih (overweight) merupakan dua konsep yang berbeda. Overweight adalah kondisi di mana terdapat kenaikan berat badan berlebih.

Baca juga: Ini Loh Penyebab Berat Badan Naik Saat Puasa

Kenaikan berat badan tidak hanya disebabkan oleh lemak berlebih, tetapi juga bisa disebabkan massa otot atau cairan dalam tubuh. Obesitas ataupun overweight tersebut dapat memberikan dampak berbahaya pada kesehatan.

Kembali pada kondisi orang gemuk yang jarang ditemui di Jepang, seorang netizen bernama Eiji Takano yang pernah tinggal di Jepang antara 1942-1995 mencoba menjawab pertanyaan mengapa sulit menemukan orang gemuk di Jepang tersebut.

Eiji mengatakan masalah sulitnya menemukan orang gemuk di negaranya karena ada kaitannya dengan tingkat kemiskinan dan pendidikan. Menurut Eiji, kebanyakan orang Jepang tidak hidup dalam kemiskinan. Eiji juga menyebutkan bahwa tingkat pendidikan yang baik membuat masyarakat Jepang punya pengetahuan mendalam tentang nutrisi.

Kemampuan untuk memilih makanan dan pengetahuan tentang nutrisi membuat orang-orang Jepang memakan makan makanan yang kaya nutrisi. Selain itu, Eiji juga mengatakan bahwa menu makanan lainnya yang dikonsumsi masyarakat Jepang adalah sayuran, ikan dan daging.

Tambahan lagi, satu faktor lain yang membuat orang gemuk di Jepang jarang karena tak semua warganya kendaraan pribadi dan lebih banyak menggunakan transportasi publik yang memang sistemnya sudah baik.

Sulit menemukan orang Jepang yang tempat parkir karena negara kami kecil dan harga tanah terlalu mahal. Oleh karena itu, untuk beraktivitas, masyarakat Jepang lebih banyak berjalan kaki ke kantor, supermarket, kuliah setelah menumpangi bus atau kereta bawah tanah. Kebiasaan tersebut bisa dikatakan masyarakat Jepang berolahraga setiap hari secara teratur.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.