Ini Yang Harus Dilakukan Saat Dehidrasi Menyerang

0
dehidrasi

Seruni.id – Anda pernah merasakan rasa haus yang sangat? Ketika merasakan rasa haus di saat sedang melakukan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi penuh atau sedang berada di dalam ruangan dengan Air Conditioner, sehingga tidak sempat untuk makan dan minum agar memenuhi kebutuhan cairan yang anda butuhkan saat itu, itulah yang dikatakan sebagai dehidrasi.

Kondisi tubuh seperti yang disebutkan di atas termasuk dalam gejala awal dehidrasi. Jika tidak diatasi segera, maka dapat mengarah kepada kondisi yang membahayakan hingga kematian.

Selama ini banyak orang yang salah kaprah. Apa sebabnya? Sebagian besar orang awam mengira dehidrasi hanya terjadi ketika seseorang beraktivitas di luar ruang, di bawah terik matahari atau saat berolahraga yang menguras banyak keringat dan cairan. Ternyat tidak seperti itu lho.

Baca juga: Ini Cara Cegah Dehidrasi Saat Penerbangan Lama

Dehidrasi sendiri dikatakan saat kondisi tubuh mengalami kekurangan cairan dari jumlah normal yang dibutuhkan. Hal itu dikarenakan setiap hari orang normal akan kehilangan cairan tubuh melalui pernafasan, keringat dan juga air seni sedangkan input cairan yang masuk tidak seimbang.

Terjadinya dehidarasi dikarenakan kekurangan zat natrium, kekurangan air, atau kekurangan natrium dan air. Sedangkan dehidrasi terbagi dalam tiga jenis berdasarkan penurunan berat badan, yaitu ringan jika penurunan cairan tubuh 5 persen dari berat badan, sedang jika penurunan cairan tubuh antara 5-10 persen dari berat badan, dan berat jika penurunan cairan tubuh lebih dari 10 persen dari berat badan.

Saat kondisi normal, cairan yang secara normal keluar inilah yang harus diganti dan diseimbangkan dengan mengkonsumsi minuman yang cukup bagi tubuh kita. Sebab sekitar 80% tubuh manusia mengandung air, maka rekomendasi angka kecukupan minum bagi laki-laki dewasa adalah sebanyak 2.200 ml/hari dan 2.000 ml/hari untuk wanita dewasa, sedangkan untuk anak adalah 1.500 – 2.000 ml/hari. Jumlah kecukupan minum yang harus dipenuhi tersebut setara dengan 8 gelas air.

Lalu bagaimana jika mengalami dehidrasi? Bagaimana pertolongan pertama yang harus diberikan untuk orang yang mengalami dehidrasi?

Sebelumnya, untuk mewaspadai gejala awal Dehidrasi, kenali dulu ya ciri-cirinya sebagai berikut:

  • merasakan rasa haus yang sangat
  • merasakan sakit kepala
  • merasakan letih, lemah dan lesu pada badan dan anggota ekstremitas
  • merasakan bingung
  • warna urine cenderung gelap
  • kulit terlihat kering dan sulit berkeringat
  • terasa denyut jantung yang cepat dan kuat saat dilakukan perabaan

Ketika menemukan gejala awal yang terjadi, maka pertolongan pertama ini dapat dilakukan:

  • memastikan orang yang terkena dehidrasi menerima cairan, dengan cara meminum air mineral, jus atau minuman elektrolit lainnya. Hal ini bisa dilakukan dengan secara langsung meneguk jika mungkin dilakukan ataupun menggunakan sedotan untuk mempermudahnya.
  • memastikan pakaian yang dipakai tidak berlebihan dan melakukan pelonggaran terhadap pakaian yang digunakan, hal ini akan memperbaiki sirkulasi udara pada tubuh penderita.
  • mencari dan membawa penderita ke lingkungan yang dingin agar dapat membantu mencegah terjadinya penguapan yang berlebih dan dapat memperburuk keadaan
  • membasahi seluruh badan dengan air untuk mengembalikan suhu tubuh penderita

Namun jika ditemukan adanya gejala muntah yang tidak tertahankan, demam tinggi, menurunnya kondisi status kesadaran, diare, penurunan berat badan, kejang, sakit kepala hebat dan tidak adanya buang air kecil yang melebihi 12 jam maka segeralah mencari pertolongan medis terdekat.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.