Ini Yang Harus Dilakukan Saat Gerhana

0

Seruni.Id Berdasarkan data yang dilansir dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Indonesia akan mengalami gerhana bulan langka seperti yang terjadi 152 tahun lalu. Peristiwa tersebut yaitu sebuah fenomena blue moon, super moon dan gerhana bulan yang akan terjadi secara bersamaan.

Fenomena supermoon sendiri terjadi ketika purnama bulan berada dalam jarak terdekatnya dengan bumi sehingga ukuran bulan ini menjadi lebih besar 14% dan 30% lebih terang dari biasanya. Sebaliknya blue moon adalah bulan purnama yang terjadi dua kali dalam 1 bulan kalender. Sedangkan Gerhana bulan terjadi ketika bulan purnama bumi menutupi bulan sehingga bulan tertutupi bayangan Bumi. Orbit bulan mengelilingi bumi yang berbentuk elips sehingga jarak bumi dengan bulan selalu berubah dan saat bulan berada di titik terdekat dengan bumi bertepatan dengan bulan purnama maka terjadilah supermoon.

Fenomena ini bisa diamati oleh sebagian besar permukaan bumi yaitu dari daerah Amerika Utara, Samudra pasifik, Siberia timur dan asia. Proses gerhana bulan ini akan terjadi selama 4 jam diawali dengan gerhana parsial, gerhana total, puncak gerhana, akhir totalitas dan akhir gerhana.

Selama fenomena ini berlangsung maka dianjurkan untuk melakukan sholat khusuf 2 rakaat. Berikut adalah tata aturan melakukan shalat khusuf :

  1. Melakukan niat sholat sunah khusuf
  2. Takbiratul ihram (bertakbir sebagaimana sholat biasa) Membaca doa iftitah dan bertaawudz, surat al fatihah dan membaca surat yang panjang dalam Al-QurĂ¡n.
  3. Ruku
  4. Bangkit atau berdiri dari ruku (itidal)
  5. Setelah itidal ini tidak langsung sujud, tetapi dilanjutkan dengan membaca surat al-fatihah dan surat yang panjang (berdiri kedua ini lebih singkat dari yang pertama)
  6. Ruku kembali (ruku kedua) yang panjangnya lebih pendek dari ruku sebelumnya
  7. Bangkit dari ruku (itidal)
  8. Sujud yang panjangnya sebagaimana ruku , lalu duduk diantara 2 sujud kemudian sujud kembali
  9. Bangkit dari sujud lalu mengerjakan rakaat kedua sebagaimana rakaat pertama (hanya bacaan dan gerakannya lebih singkat dari sebelumnya)
  10. Salam

Selain melakukan sholat khusuf, anda juga harus memperbanyak dzikir ketika fenomena ini terjadi.

-dari berbagai sumber-

LEAVE A REPLY