Kamu Punya Benjolan di Ketiak? Waspadalah !

0

Seruni.id – Pernahkah Momies merasakan atau melihat seseorang yang memiliki benjolan di ketiak? Nah, saat anda mengalami benjolan pada ketiak, itu tandanya anda sedang mengalami kelainan pada jaringan getah bening dan sekitarnya. Hal tersebut bisa menjadi gangguan pada bagian tersebut dalam jangka panjang dan pendek. Hal itu bisa saja merupakan tumor ataupun kanker yang sangat berbahaya. Maka perhatikan gejala benjolan di ketiak.

Benjolan di ketiak biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi bakteri pada jaringan tersebut, infeksi virus yang menyerang bagian tersebut. Benjolan tersebut juga bisa disebabkan oleh tumor jinak, kista atau bahkan tumor ganas dan kanker. Namun, bisa juga hal tersebut disebabkan karena alergi terhadap obat. Nah, sebetulnya apasaja sih penyebab benjolan pada ketiak?

1. Penumpukan Lipoma

Lipoma merupakan lemak yang tumbuh di antara jaringan kulit dan otot dan apabila berjumlah banyak hal tersebut bisa berakibat lambat untuk diubah menjadi energi dan berakibat penumpukan serta berakibat pada terjadinya benjolan pada bagian getah bening di ketiak.

2. Akibat Skin Tag

Skin tag adalah pertumbuhan sel kulit yang liar dan tak dapat dikontrol. Hal tersebut bisa mengganggu aktivitas pada kelenjar keringat yang akhirnya dapat merusak akar dari bulu – bulu di ketiak. Hal tersebut bisa menyebabkan benjolan pada bagian ketiak dan biasanya tumbuh jadi lebih banyak.

3. Kanker Getah Bening

Kanker pada getah bening juga akan mengakibatkan beberapa masalah pada kelenjar getah bening termasuk benjolan di ketiak. Kanker getah bening juga akan mengakibatkan nyeri pada bagian ketiak hingga bagian dada dan menyebar pada bagian leher. Maka dari itu perhatikanlah saat anda mengalami benjolan pada ketiak.

4. Kelainan Otot

Pada saat lengan bagian bawah terkilir, hal tersebut bisa berakibat benjolan pada bagian ketiak. Selain itu, nyeri otot juga akan mengakibatkan benjolan pada ketiak yang rasanya tentunya lebih nyeri lagi. Kondisi tersebut akan menjadi normal saat otot menjadi sehat dan kembali jadi normal.

5. Mencukur Bulu Ketiak

Saat anda mencukur bulu ketiak dengan cara tidak teratur juga bisa menyebabkan benjolan di ketiak. Hal tersebut terjadi karena permukaan kulit pada ketiak menjadi luka dan berujung infeksi serta iritasi. Kondisi luka serta iritasi yang terjadi apabila tidak diobati secara benar, maka akan berakhir dan tumbuh benjolan.

6. Kanker Payudara

Kanker payudara sama halnya dengan kanker getah bening yang akan mengakibatkan benjolan pada ketiak. Saraf dan otot di sekitar payudara sangat dekat dan berhubungan dengan otot pada lengan dan saat terasa nyeri pada bagian payudara, maka akan menjalar pada bagian ketiak.

7. Kanker Darah

Kanker darah atau leukemia merupakan sebuah kelainan pada darah dan menyerang sel darah putih. Akibatnya, hal tersebut bisa menyebabkan benjolan pada bagian ketiak. Hal tersebut diakibatkan oleh aliran darah di sekitar ketiak menjadi terganggu dan berakhir benjolan di sekitar ketiak.

Setelah mengetahui beberapa penyebab benjolan di ketiak yang sering terjadi pada beberapa orang, maka perbaikilah pola hidup sehat dan hindari dari melakukan hal yang memicu penyebab diatas. Benjolan di ketiak juga memiliki gejala yang bisa anda rasakan agar mudah dalam melakukan pengobatan.

Gejala benjolan pada ketiak adalah rasa nyeri pada lengan Akan berasa nyeri saat ditekan, Adanya pembesaran pada bagian ketiak, Ketiak akan terasa hangat daripada biasanya,  Timbul rasa gatal yang sangat mengganggu, Lengan dan tangan terasa pegal, Muncul keringat berlebih pada ketiak. Maka dari itulah anda seharusnya memperhatikan beberapa gejala benjol di ketiak.

Benjolan pada ketiak juga bisa dicegah dan diobati menggunakan beberapa cara berikut, seperti antibiotik yang dapat membunuh bakteri penyebab benjolan di ketiak, selain itu mengompres dengan air dingin juga bisa efektif menyembuhkan benjolan pada ketiak. Lakukanlah pola makan yang sejat agar bisa mempercepat penyembuhan benjolan di ketiak.

Semoga bermanfaat!

Sumber : virtual.co.id

LEAVE A REPLY