Kamu Sibuk atau Produktif?

0
produktif

Seruni.idMomies, menjadi perempuan pasti sering merasa sibuk kan? Selama ini kita mungkin juga sering mengeluhkan betapa sibuk, sibuk, dan sibuknya diri kita. Salah satu ciri perempuan memang dapat melakukan banyak hal dalam satu waktu alias multitasking, namun pernahkah kita sadari bahwa apa yang sudah kita kerjakan selama ini sebetulnya hanya sibuk semata yang tidak jelas atau memang sudah produktif? Yuk kenali perbedaan orang sibuk dengan orang produktif!

Baca juga: Produktifkan Waktu Luang dengan Bisnis Online

1. Orang sibuk memiliki banyak prioritas, orang produktif fokus pada sedikit prioritas

Multitasking sering jadi andalan buat mengerjakan pekerjaan sekaligus. Namun, apakah itu efektif? Coba kamu lakukan banyak pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Tentunya, akan lebih mudah jika kamu menyelesaikannya satu per satu.

2. Orang sibuk selalu mengiyakan setiap pekerjaan tanpa berpikir penting atau tidak, namun orang produktif tahu kapan mengatakan tidak

Respons cepat memang baik. Namun, alangkah lebih baik jika diiringi dengan pemikiran yang matang sebelum bertindak. Bisa jadi apa yang cepat dikerjakan sebenarnya gak penting-penting amat.

Sedikit bicara banyak bertindak. Bicara konsep memang mudah, tapi akan lebih baik jika diiringi dengan tindakan.

3. Orang sibuk banyak bicara, orang produktif banyak bekerja

Orang produktif tidak akan banyak mengatakan apa yang akan mereka kerjakan, tapi apa yang akan dia lakukan untuk membuat perubahan dan menginspirasi orang lain.

Baca juga: 6 Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga ini Sangat Menjanjikan

4. Orang sibuk mengerjakan banyak hal sendiri, orang produktif tahu saatnya mendelegasikan tugas

Gak semua hal bisa dikerjakan sendiri. Kalau pun dipaksakan, bakal bikin kamu super sibuk. Daripada memaksakan diri mengerjakan semuanya sendiri, lebih baik meminta bantuan. Hasilnya pun bisa jadi jauh lebih baik.

5. Orang sibuk merasa tidak memiliki cukup waktu

Kalau kamu mengerjakan banyak hal dan merasa masih kekurangan waktu, bisa jadi apa yang kamu kerjakan belum efektif dan efisien. Gunakan waktumu untuk fokus mengerjakan hal-hal yang penting. Sementara, abaikan hal remeh-temeh yang bisa dikerjakan nanti.

Nah, bagaimana Moms? Apakah selama ini kita masih sekadar sibuk semata atau sudah lebih produktif? Yuk evaluasi diri kita agar menjadi pribadi yang lebih efektif dan efisien.

Semoga bermanfaat!

-dari berbagai sumber-

 

LEAVE A REPLY