Kebiasaan Buruk yang Harus Diubah di Tahun Baru

0

Seruni.id – Banyak dari kita pada saat pergantian tahun membuat resolusi yang kita harapkan bisa tercapai di tahun baru tersebut. Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk membuka lembaran hidup.

Namun, untuk apa resolusi yang terlalu berangan-angan kalau beberapa kebiasaan buruk ini masih kita lakukan. Nah, tahun baru juga merupakan waktunya mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk di tahun lalu dan memulai hal positif untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Yuks, coba ubah kebiasaan buruk ini.

1. Bangun Siang

Wah, mungkin kita salah satu yang masih sulit untuk bangun pagi. Padahal bangun pagi bisa menyehatkan tubuh dan pikiran kita loh. Malah bangun siang ternyata memang betul bisa menjauhkan kita dari rezeki loh. 

Orang yang bangun lebih pagi, kesehatan tubuhnya lebih baik dan kecerdasan otakpun berpengaruh. Dengan menghirup udara pagi, kita bisa melancarkan peredaran darah. Udara bersih yang masuk ke dalam tubuh membuat aliran darah menjadi lancar karena manfaat oksigen yang masuk ke dalam tubuh adalah oksigen paling baik.

2. Tidur Terlalu Larut

Untuk yang terbiasa begadang di tahun sebelumnya, coba maksimalkan kegiatan dan tidur lebih cepat. Minimal sempatkan tidur 7 jam untuk kesehatan tubuh dan menjaga muka supaya tetap awet muda. Dan yang pasti, tidur lebih awal membuat kita juga mudah untuk bangun pagi.

3. Gadget 24 Jam, Tanpa Henti

Sindrom gadget-addict sudah menjangkit sebagian besar populasi manusia yang melek teknologi. Namun, perlu sangat disadari kalau ketergantungan dengan gadget ini merugikan orang di sekitar seperti keluarga, teman, dan rekan kerja.

Gadget dapat menjauhkan orang-orang terdekat karena kita lebih fokus pada gadget dan lupa membangun komunikasi dengan orang-orang terdekat. Luangkan lebih banyak waktu dengan mereka yang berwujud di depanmu, dan lebih hargai waktu kebersamaan itu.

4. Malas Minum Air Putih

Kalau biasanya selalu pesan soda, minuman dengan kandungan pewarna dan pemanis yang tinggi, ganti dengan air putih. Biasakan penuhi kebutuhan air putih 6-8 gelas sehari. Cegah segala penyakit dengan biasakan minum air putih!

5. Gengsi

Tidak dipungkiri, kita memiliki gengsi di dalam diri. Setelah melakukan kesalahan, gengsi untuk minta maaf. Berpapasan dengan orang yang dikenal, tapi gengsi untuk menyapa. Butuh informasi, tapi gengsi untuk bertanya dan mencari pertolongan.

Di tahun baru ini, jangan lewatkan berbagai kesempatan yang bisa didapatkan hanya karena kamu gengsi yuks! Coba lebih terbuka dan kurangi rasa gengsi ya.

6. Menunda-nunda Pekerjaan

Kebiasaan buruk seperti menunda-nunda pekerjaan ini berdampak pada keburukan lainnya loh. Seperti jam tidur yang mundur dan akhirnya bangun siang.

Kebiasaan menunda pekerjaan ini mengurangi produktivitas sehari-hari. Sedikit demi sedikit coba cicil pekerjaan dan lebih disiplin dalam menetapkan waktu sehari-hari.

7. Malas Membaca

Malas membaca, sesat berpikir. Jangan terbiasa membaca pesan, membaca artikel atau membaca apapun hanya setengah bagian. Baca sampai informasi selengkapnya untuk menjauhkan diri kita dari sesat pikir. Budayakan juga membaca untuk memperkaya ilmu dan pemahaman, supaya tidak asal dalam beropini ya!

Seringkali kita lebih tertarik dengan pesan yang ditampilkan melalui visual seperti video atau foto dibandingkan dengan membaca pesan dari visual tersebut? Nah, budaya malas membaca juga membawah pengaruh buruk di media sosial dan penyebaran informasi.

Cepatnya penyebaran informasi melalui fitur chat & medsos, seringkali banyak hoax yang tanpa pertanggungjawaban pembuatnya. Hati-hati dalam copy-paste suatu pesan, pikirkan kembali fakta dari informasi tersebut dan jangan terbawa opini pribadi.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.