Kenali 3 Ciri Biro Haji dan Umroh Nakal

0

Setiap umat Islam pasti ingin berkunjung dan beribadah di Tanah Suci dengan menunaikan haji ataupun umroh. Tidak hanya umat muslim yang memiliki banyak uang yang bisa pergi haji atau umroh, yang hidupnya sederhana pun memiliki impian dan keinginan besar untuk berhaji atau berumroh.

Mereka yang hidupnya sederhana bahkan miskin, berusaha sangat keras mengumpulkan rupiah demi rupiah untuk bisa menunaikan ibadah di Tanah Suci, setidaknya melakukan umroh sekali seumur hidup karena biaya umroh lebih murah dari biaya haji. Waktu untuk melakukan umroh pun lebih fleksibel.

Maka sangatlah memilukan hati jika dana mereka yang dikumpulkan sedikit demi sedikit selama bertahun-tahun, belasan tahun, bahkan puluhan tahun pada akhirnya menghilang karena tertipu travel haji dan umroh. Sangat menyedihkan memutuskan mimpi saudara-saudara muslim yang telah berusaha dalam jangka waktu lama untuk pergi ke tanah suci.

Untuk meminimalisir kasus penipuan travel haji dan umroh tersebut, berikut adalah tips untuk mengetahui biro travel haji umroh yang nakal atau tidak. Banyak orang tertipu dan terjebak oleh ciri khas para biro umroh tersebut.

Inilah ciri-ciri tarvel haji dan umroh yang nakal yang wajib diketahui oleh calon jemaah:

Pertama

Ciri yang paling mudah terlihat adalah harga yang jauh di bawah harga pasar. Masyarakat harus waspada jika mendapat tawaran paket umroh dengan harga yang jauh lebih murah namun jadwal keberangkatan tidak jelas.

Harga normal paket umroh yang berlaku di pasaran berkisar Rp23 juta-25 juta untuk peak season, biasanya bulan Desember. Sedangkan untuk low season,biasanya di bulan Januari, harganya turun menjadi Rp19 juta-Rp20 juta. Penurunan biaya ini dikarenakan tarif penginapan dan tiket pesawat biasanya sedang turun.

Kedua

Ciri kedua yang harus diwaspadai,  biro umroh nakal tak punya izin resmi dari pemerintah, Kementerian Agama. Rinto meminta masyarakat untuk memilih biro umroh yang punya izin resmi.

Ketiga

Ciri yang terakhir, ketiga yang harus diperhatikan adalah fasilitas umroh yang berada di bawah standar, misalnya akomodasi. Biro umroh yang terpercaya, amanah,  menggunakan fasilitas hotel minimal bintang 3. Hotel tersebut juga jarak maksimalnya 800 meter jauhnya dari Masjidil Haram.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.