Tips Kenali Kualitas Minyak Goreng

0
Minyak Goreng
Ilustrasi Minyak Goreng

Seruni.id – Beraneka ragam jenis minyak goreng yang beredar di pasaran. Ada minyak dari kelapa sawit, ada minyak kelapa, minyak zaitun, minyak jagung, minyak canola. Konsumen pun sering bingung untuk memilih mana yang paling baik untuk memasak, dan apa manfaat dari masing-masing minyak itu?

Sepertinya perlu tahu pertimbangan dasar dalam memilih minyak goreng, setuju kan Ladies? Apa saja? Mari kita simak pernyataan ahli berikut ini.

Menggoreng adalah proses transformasi dari mentah menjadi matang. Kita bisa lihat dari warna menarik, krispi (hasil gorengan), baik aroma dan baik rasanya. Menurut Head of Marketing PT Salin Ivomas Pratama Tbk, Surya Dharmanto, untuk menggoreng, minyak yang ideal itu komposisinya seimbang antara minyak jenuh dan enggak jenuh, minyak yang baik juga memiliki omega 3.

Baca juga: Tips Memilih Minyak Goreng Sehat

Celebrity chef, Steby Rafael, mengungkapkan beberapa jenis minyak yang baik dan aman digunakan sehari-hari, yaitu minyak sawit, minyak jagung, salad oil, dan canola oil. Namun ketika kita kembali lagi soal harga dan ketersediaan, dan yang umum dipakai di Asia Tenggara memang minyak sawit.

Kemudian, jika kembali dibandingkan antara minyak kelapa dengan minyak sawit, minyak sawit jauh lebih sehat dibandingkan dengan minyak kelapa. Walaupun minyak kelapa itu enak dia punya rasa gurihnya, tapi tingkat lemak jenuhnya tinggi. Minyak sawit sekitar 39-40 persen kalau minyak kelapa bisa sampai 80 persen itu LDL-nya sendiri.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.