Kenali Lebih Jauh Tentang Manfaat Daun Seledri

0

Seruni.id Anda pasti tahu dengan seledri, sebagian orang mungkin ada yang tak terlalu menyenangi sayur ini, namun tahukah anda zat gizi yang ada pada daun ini sangat banyak. Dalam setiap 100 gram sayur yang dimasak dėngan air panas akan mengandung 1,7 gram protein, 0,3 gram lemak, 5,9 gram karbohidrat, 0,9 gram serat, 145 mg kalsium, 42 mg fosfor, 4,8 mg zat besi, vitamin A 3,2 mg, dan 35 mg vitamin C. Jumlah vitamin yang ada di dalam sayuran ini dipercaya 10 kali lebih banyak dari mentimun dan tentu saja, masih banyak lagi zat lainnya yang cukup berguna bagi tubuh. Seledri mengandung 95% air, diperkaya serat, dan memiliki sifat anti-bakteri. Seledri mengandung nutrisi penting lainnya termasuk protein, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, B1 dan C.

Daun seledri dikenal sebagai salah satu jenis obat alami. Jika akar dan daunnya yang dimasak dengan benar akan menambah nafsu makan, melancarkan pembuluh darah, dan menurunkan demam. Selain itu daun seledri juga dapat mengobati sakit perut, masuk angin, sakit kepala, flu, dan keracunan makanan.

Kedokteran modern percaya kalau daun seledri dapat memperlancar peredaran darah. Konsumsi daun seledri yang cukup rutin akan menghilangkan zat-zat berbahaya dalam darah, mencegah jerawat, dan merawat kerja kandung kemih. Tidak hanya itu, kalau kita mampu mengunyah daun seledri yang belum dimasak, wanginya akan mėnghilangkan bau mulut.

Berikut adalah beberapa keuntungan dari mengkonsumsi daun seledri :

  1. Mempermudah pembuangan racun

Potong daun seledri kecil-kecil, rebus selama 10 menit, saring airnya dan minum secangkir setiap hari dan anda akan merasa tubuh anda semakin sehat.

  1. Menghilangkan bisul dan lebam pada anak

Beberapa anak kecil sering memiliki ruam-ruam kecil pada kulitnya. Hal ini bisa diatasi dengan cara mencuci bersih akar daun seledri, rebus hingga mendidih, dinginkan sampai hangat, kemudian oleskan pelan-pelan pada kulit yang ingin diobati.

  1. Menurunkan demam

Daun seledri yang direbus dan diminum sarinya juga bisa menurunkan demam dengan cepat karena efek melancarkan sirkulasi darah yang dimilikinya.

  1. Mengobati batuk

Ambil 15 gram daun seledri, gula 7 gram, tambahkan air dan masak hingga mendidih. Konsumsi sup ini dan batuk anda akan berangsur sembuh lebih cepat.

  1. Mengobati sakit perut

Ambil 50-100 gram daun seledri, masak dėngan lobak putih dan makan pelan-pelan. Untuk orang-orang yang sudah lanjut umur, jangan makan terlalu banyak karena mungkin bisa mengganggu kerja tubuh.

  1. Mėnghilangkan rasa gatal

Ambil 200 gram daun seledri, cuci bersih, masak selama 3 menit, kemudian uapkan pada kulit yang sering gatal-gatal selama kurang lebih 1 jam sampai tubuh berkeringat. Tetap ingat untuk tidak langsung mandi setelah pengobatan ini.

silahkan mėncoba dan rasakan manfaatnya.

-dari berbagai sumber-

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.