Dikenal Sehat, Inilah 7 Kerugian Air Kelapa yang Belum Banyak Diketahui

0
hellosehat.com

Seruni.id – Air kelapa dikenal sebagai minuman yang dapat menghilangkan dehidrasi. Tetapi ternyata ada kerugian air kelapa yang mungkin belum banyak diketahui. Untuk beberapa kondisi ini, air kelapa harus dihindari. Air kelapa memang sudah terkenal seantero dunia karena rasanya yang gurih dan sangat enak untuk dinikmati apalagi dicampur dengan bahan-bahan lain yang kompatibel oleh tangan-tangan mereka yang pandai meramu.

Tapi siapa sangka, selain memiliki banyak manfaat tapi juga memiliki kerugian untuk kesehatan kita, loh. Simak 7 kerugian air kelapa untuk beberapa kondisi ini, ya. Berikut ulasannya.

1. Kelebihan Air Kelapa Bisa Menyebabkan Laksatif 

Mengonsumsi air kelapa memang sangat baik, tapi jangan sampai berlebihan ya. Karena konsumsi air kelapa yang berlebihan dapat menyebabkan efek laksatif. Efek laksatif akan membuat pencernaan kamu terganggu, bahkan bisa menyebabkan diare.

2. Bukan untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Untuk kamu yang sedang hamil, disarankan untuk tidak mengonsumsi air kelapa dulu ya, terlebih dalam usia kandungan 2-4 minggu atau trimester pertama. Karena air kelapa dapat memicu asam lambung yang nantinya akan berdampak pada rasa mual yang berlebihan dan tidak baik untuk janin.

3. Tidak Baik untuk Penderita Gangguan Ginjal

Kerugian air kelapa juga tidak baik untuk dikonsumsi penderita gunjal. Air kelapa ketika diserap tubuh memerlukan penyaring kalsium dan elektrolit yang maksimal. Jika ginjal kurang bisa menyaring kalsium dan elektrolit, maka akan mengakibatkan hyperkalemia dalam darah. Maka dari itu, untuk menjaga kestabilan tubuh, hindari konsumsi air kelapa.

4. Penderita Diabetes Sebaiknya Tidak Mengonsumsi

Sebenarnya tidak ada halangan penderita diabetes mengonsumsi air kelapa. Tetapi kandungan karbohidarat dan kalori yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan gula darah.

5. Hindari Meminumnya Sebelum Melakukan Perjalanan

Berpergian atau jalan-jalan memang menyenangkan, tapi kadang perjalanannya sangat melelahkan. Jika kamu ingin melakukan perjalanan, hindari konsumsi air kelapa sebelum berangkat ya. Air kelapa memiliki kandungan kalsium yang menyebabkan kelelahan dan berdampak pada kejang otot saat melakukan perjalanan.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Kerugian air kelapa berikutnya dapat menurunkan tekanan darah. Jika kamu memiliki riwayat tekanan darah rendah, sebaiknya tidak meminum air kelapa. Karena air kelapa berfungsi menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: 9 Buah dan Sayur ini Bisa Bikin Kamu Jauh dari Risiko Terkena Darah Rendah

7. Tidak Diperuntukan Bagi Kamu yang Memiliki Alergi Terhadap Kacang-kacangan 

Sebenarnya, buah kelapa termasuk dalam penggolongan tree nut. Buat kamu yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan, sebaiknya tidak meminum air kelapa. Karena dapat menimbulkan alergi kamu kambuh nih.

Baca Juga: Segala Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Air Kelapa

Itu tadi 7 kondisi yang tidak boleh atau sebaiknya tidak mengonsumsi air kelapa. Demi kesehatan pastinya. Setiap makanan ataupun minuman pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi ingat kondisi tubuhmu dan ketahuilah banyak hal tentang kesehatan.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.