Ketahui Manfaat Kayu Manis Untuk Tubuh

0

Seruni.id – Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah yang banyak di ekspor ke Amerika Serikat, Jerman Barat dan Belanda. Kulit kayu manis dan hasil olahannya banyak digunakan dalam industry makanan, minuman, farmasi dan rokok. Hasil utama tanaman kayu manis ini adalah kulit batang dan dahan sedangkan hasil turunannya adalah ranting serta daun. Kayu manis mengandung eugenol, minyak atsiri, tannin, sinamaldehide, kalsium, oksalat, safrole, zat penyamak dan damar.

Penelitian yang dilakukan oleh dua ilmuwan bernama Roshni George dan Donald Graves dari UC Santa Barbara pada 2013, Amerika Serikat mempunyai bukti baru bahwa kandungan cinnamaldehyde dan epicatechin dalam kayu manis bisa mencegah serangan Alzheimer. Kedua kandungan tersebut bisa mencegah pembetukan serabut kusut yang ditemukan di sel otak yang menjadi ciri khas Alzheimer.

Berikut adalah beberapa manfaat lain dari kayu manis yaitu :

  1.  Mengontrol gula darah

Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis diketahui dapat menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes.

2.  Menurunkan kolesterol

Kayu manis mengandung kalsium, serat, dan banyak mineral seperti mangan. Untuk itu, kayu manis sangat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung. Kayu manis juga bisa menurunkan kolesterol. Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, serat pada kayu manis juga bisa mengobati konstipasi atau diare.

3. Anti infeksi

Kayu manis memiliki komponen anti infeksi natural. Dalam berbagai penelitian, kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri  Pyloriyang dapat menyebabkan sakit maag, dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.

  1. Mengurangi sakit pada penderita rematik

Sitikkon pada tubuh manusia yang mengakibatkan terjadinya rematik ternyata dapat di kurangi dengan memanfaatkan kayu manis

Semoga bermanfaat

 

-dari berbagai sumber-

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.