Ketika Gempa Bumi Datang

0

Seruni.id – Kemarin siang, warga Jawa Barat dikejutkan oleh guncangan sesaat yang biasa disebut gempa. Ternyata gempa sebesar 6,4 SR memang baru saja mengguncang daerah Lebak, Banten dengan kedalaman 10 KM, sehingga guncangannya cukup terasa di daerah sekitarnya termasuk Depok dan Jakarta.

Akibat guncangan yang cukup keras ini, banyak anak-anak sampai orang dewasa dan manula yang mengalami ketakutan hingga trauma dan tidak mau ditinggal sendirian.

Nah, hal-hal apakah yang harus kita lakukan ketika gempa datang?

*Di dalam rumah*

Jika gempa terjadi saat Anda berada di dalam rumah, segera cari tempat berlindung.
Anda bisa berlindung di bawah meja dengan memegang kaki meja. Jangan lupa lindungi kepala Anda, bisa dengan tas, atau minimal dengan tangan.
Berikutnya yang harus diperhatikan adalah menjauhkan diri dari benda pecah belah, lemari, dan semua benda yang masuk kategori berat dan bisa menindih Anda. Tetap waspada dan perhatikan pergerakan benda-benda di sekitar Anda.
Setelah getaran berhenti, Anda bisa segera buka pintu dan keluar dari rumah secepatnya.

*Di dalam gedung*

Bagi yang berada di dalam gedung, secepat dan seaman mungkin keluarlah dari gedung setelah gempa berhenti.
Jangan memakai lift dan hindari bagian gedung yang rusak. Jangan menggunakan telepon kecuali sangat penting.
Biasanya di gedung-gedung pencakar langit sudah disediakan prosedur keselamatan melalui tangga darurat.
Ketahui di mana letak tangga darurat di gedung tempat Anda berada.

*Di luar rumah*

Jika Anda beruntung sudah keluar dari rumah, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari tanah lapang.
Jauhi pohon, tiang listrik, atau bangunan yang bisa rubuh seketika.
Jauhi jurang atau lereng yang curam, karena kemungkinan longsor lebih besar.
Jika anda merasakan getaran gempa yang sangat kuat, segera berlari ke dataran yang lebih tinggi, untuk mengantisipasi terjadinya tsunami.

Bagi Anda yang berada dalam kendaraan, berhenti dan keluar dari kendaraan saat itu juga. Jangan melintasi jembatan, atau jalan layang, karena kemungkinan untuk rubuh sangat besar.
Dan yang paling penting saat gempa adalah, jangan panik. Tetap tenang dan perhatikan sekitar Anda dengan cermat.

Tentunya, sebagai umat beragama, lita wajib berdoa saat gempa terjadi. Dalam Islam, ada khusus doa yang bisa kita panjatkan di saat gempa bumi datang, doanya adalah:
اَللَّهُمّ إِنّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا، وَخَيْرَ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ؛ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا، وَشَرِّمَافِيْهَا وَشَرِّمَا أَرْسَلْتَ بِهِ
ALLAHUMMA INNII AS’ALUKA KHOIROHAA, WA KHOIROMAA FIIHAA WA KHOIRO MAA ARSALTA BIH, WA A’UDZUBIKA MIN SYARRIHAA WASYARRI MAA FIIHAA WA SYARRI MAA ARSALTA BIH.

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang didalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.

Semoga Allah senantiasa menjaga dan melindungi kita dari segala bencana yang datang. Semoga bermanfaat Moms.

– dari berbagai sumber –

 

 

 

LEAVE A REPLY