Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan

0
Daun Salam

Daun salam selain digunakan sebagai bumbu masak, ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bumbu Salam sejak dahulu sudah digunakan untuk mengurangi rasa nyeri dan menyembuhkan penyakit.

Sebagian masyarakat di Indonesia, meyakini bahwa air rebusan daun salam dapat digunakan untuk mengurangi gejala flu, batuk dan pilek.

Selain itu, ada manfaat daun salam yang penting untuk kesehatan, yang sayangnya sering diabaikan oleh banyak orang. Beerikut adalah manfaat daun salam untuk kesehatan yang berhasil dihimpun tim Seruni.id.

Menurunkan dan menyembuhkan kolesterol

Tinggi kolesterol adalah hal yang sangat dikhawatirkan banyak orang, karena bisa memicu banyak penyakit berbahaya lainnya, yang bahkan bisa menyebabkan kematan.

Daun salam ternyata manjur untuk membantu menurunkan kolesterol, penggunaan dengan merebus daun salam. Umumnya air rebusan menggunakan 3 gelas air, yang direbus hingga sisa 1 gelas air saja.

Adapun Jumlah daun salam yang digunakan sekitar 10 lembar. Minum rebusan daun salam ini 2 kali sehari.

Mengatasi diabetes

Dilansir dari obatradanglambungampuh.web.id, diabetes dikarenakan kadar gula darah pada penderita yang naik, kadar gula darah yang naik sangat berbahaya karena bisa menyebabkan terjadinya beberapa komplikasi.

Komplikasi yang terjadi pada penderita diabetes sangatlah serius, seperti penyakit jantung, gagal ginjal, fungsi hati rusak, hipertensi, stroke, impotensi, dan lain sebagainya.

Mengatasi penyakit diabetes ini adalah dengan menurunkan kadar gula darah. Dengan turunnya kadar gula darah pada penderita diabetes (menjadi normal), penyakit diabetes bisa dikatakan sembuh secara alami.

Caranya bisa dengan memanfaatkan rebusan daun Salam, anda perlu rutin konsumsi air rebusan daun salam agar kadar gula darah turun (menjadi tahap normal). Cara alami seperti ini cukup aman, dan bebas dari bahan kimia.

Anda perlu meminu air rebusan daun salam ini sebanyak 2 kali sehari dengan tertatur, niscaya penyakit diabetes Anda lama kelamaan akan menghilang.

Menurunkan asam urat

Penyakit asam urat sangat menyiksa, yang menimbulkan rasa nyeri sehingga menganggu kegiatan sehari-hari. Dilansir dari sidomi.com, asam urat terjadi ketika kandungan purin di dalam tubuh meningkat drastis. Sebagian purin ada yang mengendap di sendi sehingga menimbulkan rasa nyeri. Asam urat sering menyerang pada sendi kaki dan membuatnya bengkak.

Daun salam memiliki kandungan zat yang mampu mengurangi keluhan asam urat. Manfaat daun salam sebagai obat alami asam urat, bisa dilakukan dengan merebusnya. Caranya, ambil 10 lembar daun salam, rebus bersama sekitar 700 cc air, biarkan air rebusan tersebut mendidih hingga tersisa 1/3 nya saja. Saring air rebusan, dan minum selagi hangat.

Meredakan maag akut

Dilansir dari dedaunan.com, Obat maag tradisional bisa menjadi pilihan alternatif untuk mengatasi sakit pada nyeri ulu hati. Penyakit maag sifatnya sering kambuh-kambuhan. Ketika kambuh, nyeri yang dirasakan di ulu hati sangat mengganggu, sehingga aktivitas sehari-hari tidak dapat berjalan.

Penyakit maag adalah suatu radang yang terjadi pada dinding rongga lambung. Lambung terletak di perut atas, gejalanya berupa nyeri (seperti menusuk atau mambakar) di daerah ulu hati. Bagi Anda yang sering mengalami kekambuhan penyakit maag, bisa memanfaatkan obat maag alami.

Daun salam dapat menjadi obat maag tradisional. Caranya mudah, ambil 15-20 lembar daun salam, lalu masukkan ke dalam air 500 ml. Rebus air bersama daun salam hingga mendidih. Boleh ditambahkan gula batu agar memberikan rasa nikmat pada ramuan. Minum ramuan minimal 1 kali sehari, sampai rasa nyeri di lambung hilang.

Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Penyakit darah tinggi (hipertensi) disebabkan pola makan, gaya hidup, dan juga emosi yang sering “meledak”.  Penyakit hipertensi termasuk ke dalam salah satu penyakit paling mematikan di dunia, dan menjadi faktor utama seseorang terkena penyakit stroke serta diabetes.

Kandungan flavonoid pada daun salam berkhasiat untuk mencegah hipertensi dan menurunkan kadar kolesterol tubuh. Ramuan daum salam untuk mengatasi hipertensi.

Anda bisa meminum ramuan daun salam ini di pagi hari dan sore hari, konsumsi secara rutin sampai tekanan darah Anda kembali normal.

Merawat rambut tebal dan panjang 

Dilansir dari 1health.id, Jika ingin memiliki rambut yang panjang dan tebal, tapi sayangnya tidaklah mudah untuk merawat keindahan dan kesehatan rambut yang panjang dan tebal. Sehingga diperlukan usaha lebih untuk merawatnya.

Anda bisa melakukan perawatan secara alami dengan menggunakan masker daun salam. Campuran daun salam dengan minyak kelapa dipercaya ampuh menjadikan rambut sehat dan indah.

Mengurangi kelelahan 

Dr. Dian mengatakan, daun salam bermanfaat untuk aroma terapi. Baunya bisa mengurangi kelelahan, dan bisa membuat tubuh lebih relaks. Air rebusan daun salam bisa menenangkan sistem syaraf.

Bisa mengurangi gejala flu

Daun salam bisa mengurangi gejala flu, batuk, pilek. pengobatan bisa dengan daun salam dengan direbus. Air rebusannya diminum.

Adapun cara membuat air rebusan daun salam. Diutarakannya, sebanyak tiga sampai empat daun salam dimasukkan dalam satu gelas air mendidih. Setelah itu air rebusannya bisa diminum satu sampai dua kali sehari untuk membantu penyembuhan.

Mengatasi gangguan pencernaan

Daun salam juga memiliki khasiat mengatasi pencernaan, seperti kembung dan gangguan pencernaan. Caranya, selain direbus, daun salam juga bisa dikeringkan kemudian ditumbuk menjadi bubuk.

Kemudian, bubuknya dimasukkan dalam kapsul. Kapsulnya bisa dimasukkan ke dalam air menjadi teh.

Memiliki sifat analgenik

Daun salam memiliki sifat analgetik atau penghilang nyeri. Dian mengatakan bubuk daun salam bisa dioleskan ke bagian kulit yang luka, kemudian dibalut untuk mengurangi nyeri.

Memperbanyak pengeluaran urine

Daun salam bisa memperbanyak pengeluaran urine atau air kencing. Namun, bagi penderita penyakit ginjal harus berhati-hati tidak boleh meminum air daun salam.

 

Mampu menghambat pertumbuhan sel kanker 

Daun salam menurut penelitian mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, bahkan menghentikan sel kanker. Bentuk ekstraknya dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker usur besar.

Pada kanker payudara dalam bentuk essential oil. Khasiat ini hanya membantu proses penyembuhan.

Mengatasi rambut rontok & kutu rambut 

Untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe. Air bilasan daun salam efektif dalam mengatasi ketombe. Daun salam juga dianggap sebagai obat yang bagus untuk rambut rontok. Minyak daun salam berguna sebagai tonik untuk rambut, yang efektif untuk memerangi ketombe dan rambut rontok.

Untuk mengatasi kutu rambut, sehingga kutu pada rambut benar-benar hilang. Cara membuat ramuannya, pertama-tama rebus sekitar 50 gram daun salam dengan 400 ml air, biarkan air mendidih hingga tersisa 100 ml air saja.

Saring air, lalu gunakan menerapkan air ramuan ini pada akar rambut. Biarkan selama 3 sampai 4 jam, lalu bersihkan.

Obat gatal-gatal pada kulit

Dilansir dari vemale.com, Penyebab gatal bermacam-macam, ada beberapa yang disebabkan oleh keadaan kulit yang terlalu kering, ada juga karena iritasi, reaksi dari alergi, dll.

Terdapat cara alami untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit yaitu dengan daun salam. Cukup mudah, cuci bersih daun salam (cuci menggunakan air mengalir).

Setelah itu giling daun salam sampai halus, lalu balurkan pada bagian kulit yang gatal. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, balut bagian kulit tersebut dengan menggunakan kain kasa.

Pengusir serangga

Daun salam memiliki kandungan asam laurat, yang memiliki kegunaan untuk dijadikan sebagai obat nyamuk alami. Anda bisa menggunakan minyak dari ekstrak daun salam yang dioleskan, yang dapat mencegah sengatan dan gigitan serangga.

Pengobatan gangguan ginjal

Daun salam bisa dimanfaatkan untuk mengobati infeksi ginjal, bahkan batu ginjal. Resep pengobatan alami ini, caranya dengan mendidihkan 5 gram daun salam di dalam 200 ml air, biarkan ar mendidih tersebut hingga tinggal 50 ml air.

Setelah itu saring air rebusan tersebut, lalu minum ramuan ini dua kali sehari, bermanfaat untuk menghentikan pembentukan batu ginjal.

Masih banyak khasiat lainnya

Selain itu daun salam berguna mengurangi gejala diare dengan meminum air rebusannya. Serta menghilangkan plak gigi, dan membantu mengurangi mikroba bakteri.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.