Khasiat Manis Kurma yang Wajib Kita Ketahui

0
manis kurma

Seruni.id – Saat berbuka puasa di bulan ramadhan, biasanya Rasulullah SAW menyunahkan kita agar berbuka manis kurma atau air putih. Biasanya juga disunnahkan untuk memakan kurma dalam jumlah yang ganjil, misalnya 3 butir.

Kurma ini selain makanan yang disunnahkan oleh Rasulullah, ternyata juga memiliki banyak khasiat dari manis kurma lain yang wajib kita ketahui. Berikut khasiat manis kurma:

1. Mengatasi anemia

Kandungan zat besi pada kurma yang cukup tinggi baik untuk menambah sel darah merah dan membuat Anda merasa lebih kuat dan berenergi. Jika menderita anemia, Anda juga wajib mencoba buah ini, agar bisa lebih produktif tanpa rasa lelah dan malas gerak.

2. Memastikan fungsi sistem syaraf

Untuk Anda yang butuh konsentrasi dan ingatan kuat, manis kurma mengandung potassium yang merupakan kunci untuk memastikan fungsi sistem syaraf tetap responsif dan sehat. Potassium dapat meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan aktivitas otak. Selain itu, sodium dalam kurma juga bisa membuat fungsi penerimaan syaraf lebih optimal.

3. Menjaga kesehatan tulang

Jumlah kandungan mineral dalam kurma seperti selenium, mangan, tembaga dan magnesium ternyata cukup tinggi dan menjaga kesehatan tulang sampai tua. Jika dikonsumsi secara rutin, kurma juga dapat mencegah osteoporosis.

4. Menguatkan batang rambut

Jika Anda rutin berbuka puasa dengan kurma, folikel rambut akan lebih kuat sehingga setiap helainya bisa tumbuh lebih sehat dan kuat.

Baca juga: Inilah Keutamaan Mengonsumsi Kurma Nabi

5. Mengencangkan kulit

Selain vitamin C dan vitamin D, kurma mengandung nutrisi yang akan menjaga kualitas jaringan halus di bawah kulit, sehingga kulit akan tetap lembut, elastis, dan mulus. Agar manfaat kesehatan kurma lebih optimal, Anda cukup konsumsi tiga buah kurma setiap harinya.

6. Melancarkan Buang air Kecil

Bagi anda yang merasa susah buang air kecil tidak ada salahnya untuk mulai rajin mengkonsumsi kurma. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Riyad menyebutkan jika kandungan nutrisi kurma bisa membuat seseorang menjadi lancar buang air kecil. Agar bisa buang air kecil secara lancar disarankan untuk mengkonsumsi minimal 5 buah kurma setiap hari.

7. Mengatasi Alergi

Kurma adalah buah yang secara alami sudah memiliki kandungan sulfur. Anda harus memahami jika zat yang terkandung dalam kurma tersebut sangat efektif untuk mengatasi alergi. Jika anda merasa alergi maka disarankan untuk mengkonsumsi kurma agar alergi tersebut dapat teratasi.

8. Menambah stamina

Kandungan gula yang cukup tinggi pada kurma memang sangat ampuh untuk meningkatkan stamina.

9. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat kurma untuk kesehatan jantung sudah teruji. Itu karena pada kurma terdapat zat yang bisa membuat kondisi jantung menjadi lebih baik. Anda cukup mengkonsumsi kurma setiap hari agar jantung anda sehat. Pastinya anda tidak mau jantung anda tidak sehat karena jantung adalah bagian utama dalam tubuh kita.

pabila anda sedang lemas dalam menjalani kerjaan sangat disarankan untuk mengkonsumsi kurma setiap hari. Dijamin stamina anda akan naik dengan drastis.

9. Baik untuk kesehatan mata

Mata yang sehat adalah impian semua orang. Untuk menjaga kesehatan mata kadang orang harus membayar mahal. Itu karena dokter umumnya menjual nutrisi kesehatan mata dengan harga yang mahal. Apabila anda ingin cara yang lebih hemat, aman dan murah maka anda lebih baik menggunakan buah kurma. Buah ini kaya kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi sebuah kurma sama dengan anda menyelamatkan mata anda dari kerusakan.

10. Mencegah Kanker

Sekarang ini semua orang sangat takut dengan kanker. Itu karena penyakit yang satu ini memang sangat berbahaya dan mematikan. Ada banyak sekali cara untuk mengatasi kanker salah satunya adalah dengan rajin mengkonsumsi buah kurma.

Nah, sudahkah Anda makan kurma hari ini?

Semoga bermanfaat

-dari berbagai sumber-

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.