Lecet Kaki Akibat Sepatu Baru? Ini Solusinya

0

Seruni.id – Lecet kaki, khususnya di pergelangan tumit belakang pasti kerap dialami para wanita yang mengenakan sepatu baru. Luka lecet ini memang menjadi hal yang paling menyiksa saat kamu berencana melakukan aktifitas yang membutuhkan banyak jalan kaki. Untuk mengatasi luka lecet, para ahli menyarankan untuk mengaplikasikan lip balm pada blisters (luka melepuh yang berisi cairan, baik kecil maupun besar di kulit). Lip balm bisa mengurangi resiko gesekan yang menyebabkan blister semakin perih, bahkan hingga pecah dan mengeluarkan cairan lengket. Tapi ingat, jika menggunakan lip balm, kamu harus memilih produk yang alami dan sebisa mungkin hindari produk yang mengandung warna karena akan beresiko menimbulkan iritasi pada kulitmu. Cara kedua adalah dengan selalu membawa kasa steril (sejenis plester yang terbuat dari kain lembut) di sakumu jika kamu merencanakan untuk melakukan aktifitas yang membutuhkan banyak gerak.

Jika kamu tidak membawa lip balm ataupun kasa steril dan benar-benar sudah tidak kuat menahan perih, berhentilah sebentar untuk menggunakan apapun yang ada di sekitarmu, seperti tissue, kapas, atau apapun yang lembut yang bisa mengurangi gesekan pada bagian yang terdapat luka lecet

Jika kamu baru menyadarinya luka lecet saat sudah dalam kondisi pecah dan mengeluarkan cairan lengket dengan perih yang tak tertahankan, kamu disarankan untuk mencuci kakimu dengan menggunakan sabun secara lembut dan hati-hati. Setelah itu, siapkan baskom berisi air hangat dan masukkan 5 sendok makan garam dapur ke dalamnya. Rendam kakimu ke dalam baskom tersebut selama 15 menit. Angkat kakimu dan keringkan dengan menggunakan handuk lembut, lalu semprotkan cairan anti bakteri atau alkohol. Langkah terakhir adalah dengan membalutnya menggunakan perban atau kasa steril. Cara ini akan sangat menyakitkan, tapi sangat efektif untuk mengatasi luka lecet kamu.

Sebenarnya blisters bisa dicegah dengan cara-cara sederhana, seperti:

  1. Jangan menggunakan sepatu baru saat kamu berencana melakukan aktivitas yang berat.
  2. Jika kamu tahu bahwa sepatumu tidak pas ukuran tapi sangat ingin memakainya, pastikan kamu membawa flat shoes kesayanganmu sebagai ganti di waktu yang memungkinkan.
  3. Jika kamu sangat ingin menggunakan heels yang beresiko menimbulkan blisters, jangan lupa untuk menggunakan kaus kaki tipis atau stocking untuk mengurangi pergesekan kulit dan sepatumu.
  4. Pilih sepatu dengan bahan yang nyaman dipakai dan ukuran yang pas.

 

Semoga bermanfaat!

Sumber : kawaiibeautyjapan.com

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.