Hindari 10 Makanan Penyebab Kanker Ini Yuk!

0
kesehatanholistik.com

Seruni.id – Di zaman kehidupan seperti saat ini, tentunya cukup sulit untuk memilih makanan yang memang benar-benar sehat. Hal ini disebabkan karena tingginya polusi saat ini menyebabkan makanan sehat menjadi tidak sehat. Selain itu, banyaknya aneka macam olahan makanan menyebabkan kita sering kesulitan memilih makanan yang bukan merupakan makanan penyebab kanker yang dimakan setiap hari.

Jadi, apa saja yang perlu kita lakukan? Tentu saja mengenali terlebih dahulu karakteristik yang dapat menyebabkan kanker.

Kanker disebabkan oleh makanan yang mengandung banyak gula buatan, diolah dengan suhu tinggi dan digoreng beberapa kali dengan minyak jelantah, serta makanan yang tidak matang secara sempurna. Setelah kita mengetahui kriteria makanan penyebab kanker tersebut, tentu saja itu adalah yang sering kita temui sehari-hari. Lalu bagaimana cara menghindari berbagai macam olahan tersebut?

1. Mengubah gaya hidup, dengan benar-benar memperhatikan cara mengolah makanan
2. Mulai mengonsumsi makanan sehari-hari pencegah kanker
3. Olahraga secara teratur
4. Memulai diet sehat dan mengatur pola makan

Setelah mengetahui cara menghindari makanan penyebab kanker, tentu saja sekarang saatnya kita mengenal daftar makanan penyebab kanker jika dimakan setiap hari, yaitu sebagai berikut:

Daging Bakar

Related image
lampost.co

Ternyata daging bakar merupakan salah satu makanan penyebab kanker, loh. Daging bakar bisa menyebabkan kanker usus dan juga kanker lambung yang menyerang sistem pencernaan. Daging yang diolah dengan cara dibakar kurang matang secara sempurna, sehingga dapat memicu munculnya zat-zat mutagenik yang dapat memberikan efek buruk bagi tubuh. Selain itu, daging bakar juga tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil dikarenakan kematangan yang tidak sempurna dapat memasukkan bakteri ke dalam tubuh.

Soda

Image result for Soda
eathis.com

Minuman yang satu ini juga dapat memicu adanya kanker ditubuh kita. Minuman berwarna-warni cenderung mengandung banyak gula, bahan kimia makanan, dan pewarna. Zat-zat tersebut akan membantu mengasamkan tubuh dan menimbulkan pertumbuhan sel kanker.

Makanan Diet

Image result for makanan diet yang bisa menyebabkan kanker
styl.id

Meski makanan diet umumnya baik untuk kesehatan, namun makanan diet cenderung buruk bagi beberapa orang. Makanan ini bahkan dikatakan lebih buruk dari pemanis buatan atau soda. Studi yang dilakukan oleh Otoritas Keamanan Makanan Eropa mengungkapkan bahwa aspartame bahan yang paling umum digunakan sebagai pemanis buatan dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk cacat lahir dan kanker.

Buah Terpapar Pestisida

Related image
bostonglobe.com

Environmental Working Group menemukan bahwa 98 persen dari produk konvensional, terutama buah-buahan, terkontaminasi pestisida penyebab kanker. Ketika dimakan oleh ibu hamil, kemungkinan bayi lahir dengan berat badan kurang. Selain itu, bahan kimia ditemukan pada apel, jeruk, stroberi, dan anggur. Sebanyak 90 persen dari buah-buahan ini ditemukan mengandung residu pestisida. Sayangnya, mencuci buah tidak selalu membantu menghilangkan residu ini.

Aneka Daging Olahan (Sosis, Kornet, Nugget, Dll)

Image result for Aneka Daging Olahan (Sosis, Kornet, Nugget, Dll)
resepkoki.id

Aneka daging olahan ternyata sangat berbahaya, hal ini dikarenakan pada daging olahan terdapat kandungan natrium nitrit yang dapat membentuk nitrosamin pada tubuh dan memicu sel-sel kanker menjadi ganas. Mengapa pada daging olahan menggunakan natrium nitrit? Ya, untuk memberikan warna merah segar. Sehingga ketika kamu membuka kemasan kamu meilihat daging tersebut terlihat baik dan segar.

Baca Juga: Selain Bacon dan Pork, Ini 33 Nama Daging Babi dalam Komposisi Makanan

Kripik Kentang

Image result for Keripik Kentang
style.tribunnews.com

Siapa yang tidak suka dengan makanan yang satu ini? Jika kamu adalah salah satu penggemar kripik kentang, jangan senang dulu. Ternyata kripik kentang masuk dalam nominasi makanan penyebab kanker yang dimakan setiap hari. Selain mengandung zat karsiogenik, kripik kentang juga mengandung lemak yang diperoleh dari proses penggorengan. Terlebih jika penggunaan minyak jelantah pada saat proses menggoreng akan lebih membahayakan tubuh. Hal ini dikarenakan minyak jelantah mengandung kadar kolesterol tinggi yang menjadi penyebab kanker prostat pada pria.

Tepung Terigu

Image result for Tepung Terigu
tokowahab.com

Tepung terigu adalah bahan dasar makanan yang kaya akan karbohidrat. Jika kamu ingin mengurangi risiko terkena kanker payudara, mulai kurangi makan-makanan yang terbuat dari tepung terigu. Karbohidrat yang ada di dalam tepung terigu dapat meningkatkan kadar gula darah pada tubuh, yang mana peningkatan kadar gula ini dapat memicu sel tumor dan kanker berkembang semakin pesat terutama kanker hati, kanker usus, dan kanker lambung.

Kedelai

Image result for Kedelai
republika.co.id

Kedelai memang menyehatkan. Namun ternyata, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh American Cancer Society menyebutkan bahwa konsumsi kedelai berlebih ternyata menjadi penyebab kanker payudara. Bagaimana bisa? Kandungan hormon estrogen phytochemical yang ada di dalam kedelai inilah yang dapat memicu terjadinya kanker payudara, terutama pada wanita.

Makanan Kaleng

Image result for Makanan Kaleng
bangka.tribunnews.com

Makanan kaleng sangat berbahaya bagi tubuh. Memang pada dasarnya produsen sudah memikirkan bagaimana agar makanan yang tersimpan di dalam kemasan kaleng tidak berbahaya bagi tubuh. Namun tentunya semua itu ada masanya. Bagiamanapun makanan yang tersimpan dalam kaleng akan mengalami perubahan kandungan zat, sehingga ada baiknya agar kamu mengurangi konsumsi makanan kaleng. Selain itu, jika memang kamu terpaksa harus mengonsumsi makanan kaleng, perhatikan kemasannya. Jangan membeli makanan kaleng yang kemasannya rusak atau penyok. Karena hal tersebut dapat mencemari makanan yang ada di dalam kaleng.

Kentang Goreng

Image result for Kentang Goreng
kentang.co.id

Kentang goreng ternyata sangat membahayakan tubuh. Meskipun kentang goreng memiliki banyak penggemar, namun ternyata kentang goreng dapat mengancam kehidupan orang-orang yang mengonsumsinya, terlebih jika dikonsumsi setiap hari.

Demikianlah 10 makanan penyebab kanker yang dimakan setiap hari. Semoga semakin meningkatkan kewaspadaan kita terhadap apa yang kita konsumsi dan dampak jangka panjang pada tubuh kita. Semakin banyak bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh kita, maka risiko terkena penyakit kanker. Tetap hidup sehat, dan mari bersama-sama mengurangi risiko kanker.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.