Manfaat dan Bahaya Makan Durian

0
Makan Durian
Durian

Seruni.id – Masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat dari makan durian. Mungkin banyak orang yang hanya mengetahui risiko buruk yang akan berdampak pada tubuh ketika terlalu banyak memakan buah ini. Yuks mari disimak berikut ini, manfaat dan bahaya dari makan durian.

Ya, durian walaupun banyak manfaatnya, tapi juga mengandung bahaya bagi yang mengomsumsinya. Meskipun demikian, buah dengan duri di bagian luarnya ini masih menjadi buah favorit untuk dinikmati. Harumnya yang menusuk hidung menjadi andalan untuk menarik penikmat makanan.

Secara fisik, durian mempunyai duri tebal dan tajam yang ada pada bagian kulitnya. Warna kulit durian lebih cenderung berwarna hijau kekuningan. Sementara itu, untuk bagian dalamnya, daging buahnya berwarna kuning kemasan dengan biji buah yang cukup besar.

Buah durian mengandung beberapa nutrisi, seperti lemak, kalori, dan juga karbohidrat. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak vitamin, protein, dan mineral yang baik untuk dikonsumsi.

Buah durian memiliki berat biasanya antra 1 kg-4kg, sementara diameternya bisa mencapai 15 hingga 30 cm. Biji durian ada yang besar dan ada yang kecil tergantung dari jenis durian itu sendiri.

Pohon durian tumbuh secara liar di hutan-hutan Asia, seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand, dan ada juga yang tumbuh karena dibudidaya. Jenis yang dibudidaya adalah yang terbanyak.

Pohon durian akan berbuah ketika umur tanamnya sudah 4 tahun. Pohon durian akan tumbuh terus hingga mencapai ketinggian 50 meter. Jadi tanaman ini akan bertahan selama berpuluh-puluh tahun lamanya.

Baca juga: Makan Buah di saat Perut Kosong

Lantas apa saja manfaat durian bagi kesehatan dan apa saja bahayanya? berikut ulasan manfaat dan bahaya dari makan durian.

Manfaat Buah Durian bagi kesehatan Tubuh

  1. Merupakan sumber energi dan menyegarkan tubuh. Buah durian mengandung gizi yang lengkap seperti vitamin, mineral, dan juga protein. Maka tak heran jika buah ini bisa dijadikan sebagai sumber energi yang bisa dikonsumsi dengan kadar yang cukup. Tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit. Bagi yang sibuk dengan kegiatan sehari-hari, tubuh pasti akan merasa mudah lelah. Nah oleh karena itu, tubuh membutuhkan karbohidrat yang cukup sebagai energy tubuh. Manfaat durian untuk tubuh yang sehat didominasi oleh kandungan karbohidrat yang cukup tinggi untuk beraktivitas setiap hari.
  2. Menyehatkan otot adalah salah satu manfaat durian. Buah durian mengandung senyawa thiamin yang bisa menyehatkan otot badan. Senyawa ini bekerja dengan mengubah karbohidrat menjadi energi, sehingga bisa digunakan dan dibakar lebih baik oleh otot tubuh kita.
  3. Sama seperti otot, buah durian bisa juga membantu menyehatkan saraf di tubuh kita. Cukup dengan mengonsumsi satu buah durian yang memiliki 40% kandungan atrium, maka saraf Anda akan berfungsi lebih baik.
  4. Makan durian bisa membantu kesehatan pencernaan. Durian bisa menjadi buah yang bagus untuk pencernaan, sehingga buah ini bisa mengatasi sembelit yang dirasakan seseorang. Kandungan serat yang tinggi dalam daging buah durian menjadi alasan buah ini penting dimakan oleh yang menderita masalah pencernaan.
  5. Mengatasi penyakit anemia. Kandungan asam folat dan vitamin B9 dalam buah durian menjadikan buah berdaging bau enak ini bagus untuk menjadi produser sel darah merah, sehingga kekurangan darah bisa di atasi.
  6. Bagus untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dalam buah durian menjadikan buah berkulit duri ini bagus dalam mencegah terjadinya penuaan dan kerutan pada kulit. Vitamin dalam durian berperan sebagai anti oksidan yang bagus menjaga kerusakan sel kulit. Buah durian selain mengencangkan kulit juga bisa melembabkan kulit Anda. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit yang cenderung kering, memakan buah ini bisa menjadi salah satu cara mudah dan alami untuk mendapatkan kulit yang lembab.
  7. Durian bermanfaat untuk tulang dan persendian. Kandungan potasium dan kalsium dalam durian sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk kesehatan persendian seperti lutut, ruas jari dan lain sebagainya.
  8. Manfaat durian untuk mengatur kestabilan darah. Buah durian bisa mengstabilkan darah, ini dikarenakan dalam buah ini mengandung mangan. Kendati demikian, tetap tidka bagus kalau dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.
  9. Kandungan tembaga dalam buah durian bagus dalam menjaga kesehatan tiroid.
  10. Karena banyak kandungan vitamin B1, maka buah durian bermanfaat juga untuk menjaga nafsu makan
  11. Kandungan senyawa iboflavin atau Vitamin B2 dalam durian membuat buah enak ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya migrain.
  12. Buah durian juga bermanfaat untuk meredakan stres dan mengatasi depresi, ini tidak lain karena dalam buah durian mengandung vitamin B6 atau piridoksin
  13. Posfor dalam durian sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut

Baca Juga: 7 Jenis Buah Untuk Luka Bakar

Bahaya mengkonsumsi Buah Durian

Setelah membahas manfaat durian bagi kesehatan, saatnya dibahas apa saja bahaya buah durian bagi kesehatan.

Sering terdengar bahwa buah durian memiliki bahaya kesehatan, terutama dikaitkan dengan ibu hamil, karena adanya efek panas pada durian yang bisa berakibat keguguran pada janin. Selain berbahaya bagi kesehatan janin yang dikandungnya, ada sejumlah bahaya lain buah durian bila dikonsumsi oleh siapa saja, yaitu:

  1. Buah durian bisa meningkatkan gula darah bahkan hingga diabetes, kalau dikonsumsikan dalam jumlah banyak dan terlalu sering maka kandungan glukosa yang tinggi dalam durian akan menjadi penyebab diabetes
  2. Durian juga berbahaya bagi pencernaan kalau dikonsumsi berbarengan dengan alkohol. Selain itu, kandungan alkohol dan kolesterol dalam durian bisa mebahayakan kesehatan jantung
  3. Bahaya durian yang paling parah adalah ketika dikonsumsi berbarengan dengan alkohol, karena kandungan sulfur dalam durian akan menghambat metabolisme alkohol dan ini bisa memicu kematian

Jadi, bijak ya saat ingin mengomsumsi buah ini, di samping enak dan manis ada juga sejumlah racun di dalamnya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.