3 Manfaat Mengkonsumsi Jus Pare

0
obatherbal-murah.com

Seruni.id – Pare merupakan salah satu sayuran yang mungkin sering kita hindari. Bagaimana tidak, rasanya yang pahit kerap kali membuat kita tak nyaman untuk mengkonsumsinya. Tapi taukah kalau ternyata pare kaya akan manfaat? Perlu diketahui kalau organ hati kita bertugas untuk menyaring racun.

Kalau kerja hati sudah berat, organ ginjal pun harus bekerja lebih berat lagi. Salah satu cara untuk mengatasi solusi ini adalah dengan mengonsumsi jus pare. Kira-kira apa saja sih manfaatnya? Simak ulasan dibawah ini, yuk!

Membantu Menjaga Kadar Gula Darah

Image result for membantu menjaga kadar gula darah
www.ahlinyadiabetes.com

Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan lebih dari 382 juta orang di dunia menderita diabetes. Pare mengandung senyawa seperti insulin yang disebut Polypeptide-p atau p-insulin yang telah terbukti mengontrol diabetes secara alami. Sebuah studi tahun 2011 yang dipublikasikan dalam Journal Ethnopharmacolgy melakukan uji klinis selama empat minggu. Studi menunjukkan bahwa 2.000 mg pare yang diasup secara teratur bisa mengurangi tingkat glukosa darah secara signifikan pada pasien penderita diabetes tipe-2.

Penelitian telah menunjukkan bahwa insulin berbasis tanaman pada pare bisa membantu pasien dengan diabetes tipe-1 juga. Laporan lainnya pada Journal of Chemistry & Biology memberi bukti mengenai fakta bahwa pare meningkatkan penyerapan glukosa dan meningkatkan kontrol glikemik. Penderita diabetes yang mengonsumsi obat hipoglikemik bahkan mungkin bisa mengubah dosis obat jika mereka mengonsumsi jus pare tiap hari. Namun perlu konsultasi dengan dokter sebelum melakukannya.

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Image result for kolesterol
m.liputan6.com

Dr. Anju Sood, ahli gizi di India, mengatakan jus pare bersifat anti-inflamasi dan juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan demikian, secara signifikam mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Konsumsinya juga mempertahankan tekanan darah pada tubuh karena kaya kalium yang menyerap kelebihan sodium dalam tubuh. Jus pare pun kaya zat besi dan asam folat yang diketahui bisa mengurangi risiko stroke dan menjaga jantung tetap sehat.

Kulit Bercahaya dan Rambut Berkilau

Image result for Kulit Bercahaya dan Rambut Berkilau
news.metrotvnews.com

Ingin kulit mulus? Dr. Simran Saini dari Fortis Hospital di New Delhi menyebut jus pare memiliki antioksidan kuat sekaligus vitamin A dan C. Sehingga bisa mencegah penuaan dini kulit dan mengurangi keriput. Selain itu, ini juga bisa mengurangi jerawat, membantu mengobati eksim dan psoriasis serta melindungi kulit dari sinar UV berbahaya. Sementara vitamin A, vitamin C, Biotin dan Zinc memberi kilau pada rambut.

Mengoleskan jus pare secara teratur pada kulit kepala bisa mengurangi kerontokan rambut dan uban, rambut bercabang, rambut kasar, menghindari ketombe serta menghalau rasa gatal. Anda bisa menaruh langsung jus pare pada rambut untuk mengurangi kerontokan. Sementara dalam mengatasi ketombe, buatlah masker rambut dari campuran jus pare, pasta biji jintan dan 1 sdm air jeruk nipis. Biarkan selama 30 menit dan bilas rambut.

Bagaimana Cara Membuat Jus Pare?

Untuk membuat jus pare, yang dibutuhkan antara lain 1 buah pare, 1 buah lemon, dan 1 sdm minyak zaitun. Proses buah pare dengan blender, lalu tambahkan air perasan jeruk lemon dan minyak zaitun. Kalau Anda tak tahan dengan rasa pahitnya, bisa tambahkan madu secukupnya. Tapi akan lebih baik jika tak perlu menambahkan madu agar manfaat pare bisa diserap tubuh lebih baik.

Related image
neonetwork.pk

Coba konsumsi jus pare secara rutin selama satu bulan. Tapi jangan lupa untuk banyak-banyak minum air putih juga sesudahnya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.