Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

0
pertanianlu.com

Seruni.id – Manfaat kacang panjang yang paling fenomenal dalam dunia kesehatan adalah perannya dalam membentuk jantung yang sehat. Sayuran ini menjadi salah satu jenis sayuran yang mudah kita temui dimana-mana, hampir tiap pedagang sayur menjualnya. Banyak pula kuliner Indonesia yang menggunakan kacang panjang sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatannya.

Harganya yang relatif terjangkau dan mudah penanamannya ini menjadikannya sangat digemari, selain itu kandungan pada kacang tanah pada zat gizinya tidak kalah penting jika dibandingkan dengan kacang-kacangan seperti kacang tanah, kedelai atau pun kacang merah. Pada sumber makanan yang alami seperti kacang panjang, pasti terdapat efek yang baik pula bagi kesehatan.

Berbagai jenis kacang-kacangan kaya akan kandungan memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh, berikut adalah rincian manfaat kacang panjang bagi kesehatan tubuh :

Mencegah Diabetes

Related image
obatdiabetesmelitus.net

Hampir seluruh jenis sayuran kacang-kacangan dapat mengontrol kadar gula berlebih yang mencegah terjadinya penyakit diabetes. Selain itu, kacang panjang juga rendah akan kalori dan gula sehingga sangat aman untuk Anda yang bermasalah dengan gula darah. Cara pengguaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu membuat jus kacang panjang mentah 3-4 batang setiap pagi, campur dengan sedikit air, lalu minum secara rutin setiap pagi. Jika Anda tidak tahan dengan baunya, bisa menambahkan dengan tomat ataupun buah yang lainnya.

 

Sumber Antioksidan

Related image
mediskus.com

Kacang panjang mentah dapat dijadikan sebagai sumber antioksidan bagi tubuh dikarenakan kandungan vitamin C, mineral serta betakaroten di dalamnya. Konon, kacang panjang juga mengandung berbagai macam karetonoid seperti lutein, beta-karoten, violaxanthin, neoxhantin dan flavonoid seperti quercetin, kaemferol, catechin, epicathecihs, procyanidins yang kesemuanya telah terbukti memiliki sifat sebagai antioksidan. Antioksidan dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas agar tubuh tetap sehat.

Menjaga Kesehatan Jantung

Related image
vistanews.ru

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan di dunia. Banyak orang yang melakukan banyak hal, agar kesehatan jantungnya tetap terjaga. Kacang panjang merupakan sayuran yang dapat membantu kesehatan jantung dan kardiovaskuler pada tubuh. Manfaat kacang panjang inilah, yang membuat kacang panjang banyak di konsumsi. Kacang panjang mengandung vitamin K yang sangat tinggi dan berfungsi dalam mencegah pengerasan pembuluh darah dalam jantung. Pembuluh darah yang mengeras inilah yang menjadi pemicu utama terjadinya penyakit gagal jantung atau jantung koroner.

Meningkatkan Stamina Tubuh

Image result for Meningkatkan Stamina Tubuh
portalsehat.net

Bicara mengenai manfaat kacang panjang, memang tak ada habisnya. Hal ini dikarenakan kacang panjang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Kacang panjang dapat bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh, sehingga membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Kacang panjang mengandung banyak sekali vitamin B yang dapat membantu tubuh menjadi lebih bugar. Jika Anda kelelahan atau kecapean, dengan konsumsi kacang panjang dapat membuat tubuh lebih bugar. Selain itu kacang panjang juga sangat baik untuk pencernaan. Kacang panjang dapat membantu pencernaan dalam tubuh semakin lancar, karena penyerapan nutrisi yang sangat baik.

Sebenarnya manfaat kacang panjang masih banyak sekali. Seperti menyehatkan sendi, membantu pembentukan enzim dan masih banyak lainnya. Tetapi bagi Anda yang mempunyai riwayat penyakit asam urat. Tidak di anjurkan untuk banyak konsumsi kacang panjang.

Hal ini dikarenakan akan membuat kandungan asam urat dalam darah semakin meningkat. Konsumsi kacang panjang sewajarnya saja. Untuk pengolahan kacang panjang sangatlah banyak sekali. Anda bisa menjadikan rebusan. Oseng, pecel atau sebagai lalapan untuk makan ayam goreng. Semoga beberapa penjelasan di atas bisa bermanfaat, ya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.