Manfaat Membaca Al-Qur’an Saat Hamil

0
Tribunnews.com

Seruni.id – Membaca Al-Qur’an sangat disarankan bagi setiap umat muslim, apalagi untuk wanita yang sedang hamil. Karena manfaat membaca Al-Qur’an saat hamil pun sangat banyak. Membaca Al-Qur’an tidak hanya dilakukan oleh seorang istri yang sedang hamil, namun suami juga dianjurkan untuk membacanya.

Image result for membaca al-qur'an saat hamil
www.yas-marina.net

Karena secara tidak langsung, hal ini juga akan berdampak baik untuk perkembangan janin. Apabila ibu hamil rutin membaca Al-Qur’an, manfaatnya tidak hanya akan berguna bagi janin. Namun, wanita hamil juga akan merasakan dampak secara psikologis. Ibu hamil akan merasa lebih tenang dan rileks ketika membaca Al-Qur’an. Selain itu adaSelain itu, ada banyak manfaat lain yang dapat dirasakan ibu hamil ketika merutinkan membaca Al-Qur’an. Berikut penjelasan manfaat tersebut, di antaranya:

Bayi akan Memiliki Kecerdasan Emosional yang Lebih Baik

Manfaat membaca Al-Qur’an saat hamil akan membuat kecerdasan emosional sang bayi menjadi lebih baik. Sebaiknya rutinlah membacakan lantunan ayat-ayat Al-Qur’an ketika sedang mengandung agar janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kecerdasan Sosial Janin Dapat Terstimulasi

Janin yang berada dalam kandungan akan merasakan dampak yang baik dari segi fisik dan psikologisnya. Selain meningkatnya kecerdasan emosi, kecerdasan sosial juga akan terstimulasi dengan baik. Manfaat membaca Al-Qur’an saat hamil juga nantinya, anak akan tumbuh dengan pribadi yang mempunyai kecerdasan sosial sehingga cara komunikasi dan kepedulian kepada sesamanya juga tinggi.

Janin Mendapat Supply Hormon Bahagia

Dengan membaca Al-Qur’an, ibu hamil akan mendapatkan ketenangan. Untuk itu, sebaiknya selama kehamilan ibu hamil juga meningkatkan intensitas membaca Al-Qur’an. Ketenangan yang didapat dengan membaca Al-Qur’an bahkan akan meningkatkan jumlah hormon serotonim dalam tubuh ibu hamil. Hal ini tentunya akan berdampak juga pada kondisi janin, dimana hormon pemicu rasa bahagia juga akan masuk kedalam darah yang mengalir pada kandungan. Hormon bahagia yang dapat tersalurkan pada janin di antaranya endorfin dan oksitosin.

Baca Juga: Normal atau Tidak Jika Janin Aktif Bergerak Terus di Malam Hari? Berikut Penjelasannya …

Bacaan Al-Qur’an Dapat Menenangkan Janin

Selama masa kehamilan, seorang wanita akan mempunyai perasaan yang lebih sensitif dari biasanya. Untuk itu, ibu hamil akan mengalami ketidakstabilan emosi. Apabila hal ini tidak segera ditangani tentunya akan berdampak kurang baik bagi janin itu sendiri. Selain memberikan ketenangan bagi sang ibu, nyatanya membaca Al-Qur’an juga akan membuat janin menjadi lebih tenang. Hal ini karena saraf pendengaran dan saraf emosi akan tumbuh pertama kalinya ketika janin berada didalam rahim.

Janin Tumbuh Sehat, Cerdas dan Islami

Manfaat membaca Al-Qur’an saat hamil dapat membuat janin tumbuh sehat, cerdas juga islami. Siapa sih yang tak mau memiliki anak yang tumbuh dengan sehat? Al-Qur’an itu sendiri merupakan kalam illahi yang bisa dijadikan sebagai media berkomunikasi antara manusia dengan Tuhannya. Ibu hamil bisa memohon pertolongan Allah supaya masa kehamilan serta proses melahirkan nantinya dapat berjalan dengan mudah. Dengan membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an, ibu hamil beserta janin akan mendapatkan kenyamanan dan ketenangan.

Mudah Diarahkan pada Perkara Agama

Manfaat membaca Al-Qur’an saat hamil yang terakhir, anak-anak yang rutin diperdengarkan bacaan ayat-ayat Al-Qur’an selama dalam kandungan akan mempunyai tingkat kenakalan yang tidak berlebihan. Bahkan anak ini cenderung sangat mudah diarahkan untuk melakukan hal-hal yang menyangkut perkara agama.

Baca Juga: MENINGKATKAN KECERDASAN OTAK DENGAN MEMBACA AL-QUR’AN SETELAH MAGHRIB & SUBUH

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.