6 Manfaat Mengajarkan Anak Berenang

0
brilio.net

Seruni.id – Saat ini sudah banyak selebriti yang mengenalkan anaknya pada air, yakni berenang, meski usia sang anak masih sangat kecil. Namun, yang perlu kalian ketahui adalah ternyata ada banyak manfaat mengajarkan anak berenang. Apa saja manfaat mengajarkan anak berenang yang bisa didapatkan? Ini dia:

Image result for babies swimming
aquababies.co.uk

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat mengajarkan anak berenang terbukti untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, terutama dalam menjalin komunikasi dengan teman sebaya, orangtua, atau pelatih renang.

Anak-anak yang diberi pelajaran berenang pada usia 2 bulan hingga 4 tahun, akan lebih mudah beradapatasi dengan lingkungan baru, dan memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi, serta lebih mandiri, daripada mereka yang tidak belajar berenang.

Mengurangi Risiko Tenggelam

Ketidakmampuan berenang pada anak dan balita merupakan salah satu penyebab kematian terbesar. Maka itu, manfaat mengajarkan anak berenang adalah orangtua dapat mencoba untuk mengajari anak beberapa teknik dasar berenang.

Seperti mengapung dengan bagian punggung di bawah. Sehingga sama saja kita sedang melatih anak berenang sejak dini, dan ini tentu saja bukan hal yang berlebihan karena mengurangi risiko tenggelam, lho.

Membuat Anak Cerdas

Berenang membuat anak melakukan banyak gerakan pada kedua sisi tubuh yang biasanya berpola. Dengan begini, saraf-saraf pada otaknya pun akan aktif, terutama di bagian corpus collosum.

Bertanggung jawab mengatur komunikasi balik terhadap rangsangan dan mengantarkan rangsangan dari sisi otak ke sisi yang lain. Maka, manfaat mengajarkan anak berenang adalah meningkatkan kemampuan membaca, berbahasa, serta pembelajaran akademis anak.

Baca Juga: 4 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Anak, Wajib Tahu!

Mengajarkan Keseimbangan Tubuh

Manfaat mengajarkan anak berenang pun akan membentuk koordinasi anggota tubuh semisal gerakan kaki, lengan, teknik bernapas, hingga kepala. Dengan begitu, anak akan mampu melakukan beragam gerakan dengan seimbang.

Tidak Takut Air

Manfaat mengajarkan anak berenang lainnya adalah membuat anak tidak akan mengalami ketakutan untuk langsung terjun ke air. Hal ini akan bermanfaat saat terjadi kondisi darurat yang bisa saja terjadi di kemudian hari.

Mencegah Obesitas

Berenang termasuk olahraga yang melibatkan banyak gerakan tubuh, sehingga manfaat mengajarkan anak berenang akan mengurangi kemungkinan ia mengalami obesitas. Selain itu, manfaat mengajarkan anak berenang lainnya adalah membuat sistem kardiovaskuler anak semakin sehat, sehingga jantung dan paru-paru anak akan selalu dalam kondisi prima.

Saat anak sudah ingin dan yakin untuk mulai belajar berenang, jangan coba-coba untuk meninggalkannya sendirian di dalam kolam, ya. Jangan juga memaksanya untuk langsung melakukan gerakan-gerakan yang sulit, karena yang paling penting adalah anak bisa melakukan gerakan-gerakan dasar terlebih dahulu.

Selain itu, para ahli juga menyarankan untuk tidak membawa anak di bawah usia 6 bulan untuk berenang, karena risiko tenggelam akan semakin besar dan kandungan kaporit dalam kolam renang bisa membuat kulit anak mengalami iritasi. Selain menguntungkan anak nantinya, belajar renang pun sangat baik untuk membangun hubungan antara anak dan orangtua, tips untuk kamu yang ingin mengajarkan anak berenang:

Image result for babies swimming
loveswimming.co.uk
  • Pastikan kepala tidak lebih rendah dari air, dan mulut berada sebatas dengan air,
  • Kepala mendongak ke belakang dan mulut terbuka,
  • Tatapan mata kosong atau terpejam, dan
  • Ajarkan anak bernapas cepat atau bernapas pendek-pendek.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.