10 Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

0
konfrontasi.com

Seruni.id – Siapa yang tidak kenal dengan timun suri? Buah yang memiliki bentuk lonjong dengan kulitnya berwarna kuning ini tak hanya menjadi salah satu menu favorit bagi masyarakat Indonesia, terutama sebagai buah saat berbuka puasa. Tapi juga timun suri memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat timun suri akan dirasakan bagi tubuh apabila dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Image result for timun suri
mediskus.com

Timun suri termasuk ke dalam jenis labu-labuan atau dalam bahasa Latin disebut dengan Cucurbitaceae. Di dalamnya terkandung aneka zat yang sangat bermanfaat untuk tubuh, vitamin A, vitamin C, kalium, asam linoleat, fluktosa, saponin, potasium, dan magnesium. Dari zat-zat yang terkandug di dalamnya sudah jelas dapat kita ketahui bahwa buah yang menjadi salah satu faforit masyarakat ini ternyata bukan hanya menyegarkan saja tapi juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Di bawah ini adalah beberapa manfaat timun suri yang belum banyak diketahui, yaitu:

1. Membantu Proses Detoksivikasi 

Tubuh memiliki sistem detoksivikasi sebagai cara untuk membuang racun-racun yang ada di dalamnya. Dengan mengkonsumsi timun suri secara seimbang akan membantunya dalam memperlancar pembuangan racun-racun atau detoksivikasi dari dalam tubuh. Terdapat beragam jenis racun yang dapat dibuang melalui konsumsi timun suri ini, salah satunya adalah cacing pita yang merupakan parasit yang cukup berbahaya bagi kesehatan.

2. Mengendalikan Kadar Gula

Biasanya penderita diabetes merasa sangat khawatir karena tidak bisa mengkonsumsi buah manis. Namun ternyata buah timun suri sangat baik untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini terjadi karena buah timun suri mengandung zat gula yang terdiri dari fruktosa dan glukosa. Sumber gula ini didapatkan secara alami sehingga tidak akan menambah kadar gula dan bisa menjadi sumber energi untuk tubuh. Tentu saja penderita diabetes harus mengkonsumsi timun suri tanpa tambahan gula dan sirup yang manis.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Timun suri sangat baik untuk kesehatan karena mengandung sebuah senyawa yang bisa menurunkan risiko penyakit kanker yaitu saponin. Saponin menjadi sumber antioksida alami yang bisa menyerang semua radikal bebas dalam tubuh. Tubuh kita mendapatkan radikal bebas dari berbagai macam seperti makanan, minuman dan lingkungan luar. Konsumsi timun suri paling tidak empat kali dalam seminggu bisa menurunkan resiko kanker seperti kanker usus, kanker payudara dan kanker hati.

Baca Juga: Mengenal Melanoma, Kanker Kulit Perenggut Nyawa Menantu Hatta Rajasa

4. Melancarkan Pencernaan

Manfaat timun suri selanjutnya juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Hal itu karena buah yang satu ini mengandung banyak air sehingga dapat memperlancar proses pencernaan di dalam tubuh. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki keluhan seperti gastritis atau tukak lambung dan maag sangat pas jika mengonsumsi buah yang satu ini.

5. Mencerdaskan Otak Janin

Manfaat timun suri yang berikutnya adalah untuk membuat otak janin menjadi cerdas. Oleh karena itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini secara teratur. Tapi jangan berlebihan karena dapat menurunkan tekanan darah.

6. Membuat Kulit Sehat dan Lembut

Kandungan vitamin C dalam timun suri juga sangat penting untuk menjaga kesegaran dan penampilan kulit. Vitamin C dalam timun suri juga mendorong produksi kolagen yaitu protein yang dibentuk dalam tubuh untuk mempertahankan kelembutan dan elastisitas kulit. Jadi jika kamu ingin tampil cantik dan memiliki kulit yang lembut maka jangan lupa untuk makan buah timun suri.

7. Pendukung Program Diet

Bagi kamu yang saat ini sedang menjalankan program diet, kamu dapat memasukan timun suri ke dalam daftar menu sehari-hari. Di dalam timun suri terkandung air dan serat dalam jumlah yang cukup banyak. Dua unsur ini akan membantu tubuh untuk mengeluarkan lemak-lemak yang ada di dalamnya.

8. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Setiap orang pastilah menginginkan memiliki kekebalan tubuh yang baik. Dengan begitu penyakit-penyakit pun tidak mudah menyerangnya. Salah satu tanda buruknya sistem kekebalan pada tubuh adalah mudahnya terserang flu. Tapi kamu tidak perlu hawatir. Kamu dapat memanfaatkan timun suri sebagai cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di dalam buah ini terkandung vitamin C dengan kadar yang cukup untuk membantu sistem kekebalan tubuh.

9. Anti Radang

Bukan hanya dagingnya saja yang bermanfaat untuk kesehatan, biji timun suri pun dapat berguna sebagai obat radang selaput lendir atau radang tenggorokan.

10. Menjaga Kesehatan Sendi dan Tulang

Manfaat timun suri yang terakhir yaitu menjaga kesehatan sendi dan tulang. Di dalam timun suri terkandung aneka senyawa yang baik untuk kesehatan tulang, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin D, asam folat, magnesium, dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, terutama bagi kamu yang menderita encok dan rematik. Selain senyawa-senyawa di atas, timun suri juga mengandung silika yang baik untuk kesehatan sendi.

Untuk mendapatkan manfaat timun suri tersebut maka kamu harus mengonsumi timun suri dengan benar. Selalu pilih timun suri yang benar-benar masih segar dengan tanda permukaan kulit yang lembut, tidak keriput dan tidak ada bekas pecah. Setelah itu kurangi beberapa pemanis seperti sirup dan gula saat makan timun suri. Dengan cara ini maka kamu bisa mendapatkan sehat dari makan timun suri.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.