Mari Mengenal Jenis Cake dan Variasinya

0
Brownies

Seruni.id – Perayaan Idul Fitri, Natal atau perayaan hari besar lainnya adalah momen di mana keluarga besar biasanya berkumpul. Di saat-saat seperti itu, hadirkan keceriaan di tengah keluarga Anda dengan cake yang lezat. Di saat seperti itu menyiapkan berbagai jenis cake istimewa, untuk keluarga di rumah maupun untuk hantaran.

Untuk mendapatkan jenis cake istimewa, Anda bisa mengunjungi bakery atau toko kue yang menjual berbagai jenis cake dan bolu ataupun bisa membuatnya sendiri. Lalu, apa saja sih jenis cake itu? Penting untuk iketahui agar bisa menentukan jenis cake apa yang akan Anda sajikan untuk keluarga ataupun untuk hantaran.

Berdasarkan cara pembuatannya, cake terdiri dari sponge cake, butter cake, chiffon cake, cotton cake. Masing-masing jenis cake ini memiliki ciri khusus yang membedakan, dan tentu saja metode pembuatannya juga berbeda.

Seperti yang kita tahu, cake merupakan kata dalam bahasa Inggris untuk menyebut sejenis kue yang bahan dasarnya gula, tepung terigu dan telur. Nah bagi yang masih awam mengenai jenis-jenis cake, perbedaan dan cara membuatnya, simak ulasannya berikut ini ya:

1. Sponge Cake

Ciri khas sponge cake adalah bolu dengan tekstur yang empuk seperti spongeSponge cake merupakan jenis cake yang sering sekali dijumpai dan paling banyak variasinya.

Cake jenis ini memiliki tekstur yang empuk dan cenderung berongga-rongga seperti sponge, misalkan roti bolu tape, marmer, tart, bolu ubi cilembu khas sumedang dan masih banyak lagi.

Jenis ini membutuhkan emulsifier seperti SP atau cream of tartar serta baking soda dan baking powder untuk membuatnya mengembang. Selain itu, mentega/margarine-nya juga harus dicairkan terlebih dahulu.

Langkah pertama dalam membuat jenis ini, telur dan gula dikocok hingga mengembang bervolume, untuk mempertahankan volumenya bisa menambahkan emulsifier agar adonan stabil. Setelah adonan mengembang kemudian dimasukkan bahan-bahan lainnya.

Perlu diketahui, dalam membuat sponge cake paling rawan bantat, karena adonan ini ringan maka harus diperhatikan saat mencampur mentega cair atau lemak, yaitu dituang perlahan sambil diaduk berputar ke atas dan bawah.

2. Butter Cake

Butter Cake mempunyai ciri lebih padat dari sponge cake. Sesuai dengan namanya, butter cake menggunakan beberapa jenis lemak, salah satunya adalah mentega (butter) atau margarine dengan komposisi lebih banyak. Namun terkadang baking powder atau baking oil digunakan untuk membuatnya mengembang.

Olive Garden’s new Cookie Butter cake

Adapun metode pembuatan butter cake adalah mentega dan gula dikocok terlebih dahulu hingga lembut, kemudian masukkan telur, terigu, dll. Adonan ini tidak mengembang seperti sponge cake, bahan-bahan cukup dikocok hingga lembut.

Jika lemak yang digunakan adalah mentega maka adonannya dikombinasikan untuk menghasilkan creaming yaitu teknik pencampuran gula dan mentega dengan mixer listrik berkecepatan tinggi. Contoh atau jenis butter cake adalah cupcake (kue mangkok) dan pound cake.

Baca juga: Bahaya Meniup Kue Ulang Tahun

3. Chiffon Cake

Sesuai namanya chiffon cake jenis bolu yang halus. Pembuatannya sangat unik karena putih telur dan gula dikocok secara bersamaan hingga benar-benar kaku, artinya harus menggunakan mixer listrik berkecepatan tinggi. Sedangkan kuning telur dikocok terpisah dalam wadah berbeda bersama bahan-bahan lainnya. Setelah itu, kedua bahan adonan disatukan, keduanya diaduk rata.

Chiffon cake juga tidak menggunakan mentega atau margarine, melainkan minyak sayur. Tekstur kue ini halus dan cenderung tidak beremah. Tekstur chiffon yang halus berasal dari pengocokan putih telur. Contoh dari chiffon cake adalah chiffon keju, chiffon pandan.

4. Cotton Cake

Jenis Cotton cake merupakan jenis kue pada mula ditemukan langsung jadi populer dan digemari karena teksturnya lembut seperti kapas. Adapun salah satu jenis cotton cake yang paling terkenal adalah Japanese cotton cheesecake, kemudian ada juga cotton layer cake.

Untuk teknik pembuatan cotton cake hampir sama dengan chiffon cake, yaitu putih dan kuning telurnya dipisah dan diaduk dalam wadah yang berbeda. Namun cotton cake memiliki tekstur yang lebih lembut dan agak lumer karena menggunakan teknik baru, yang disebut dengan teknik bain marie atau steam bake, yaitu adonan dituang dalam loyang tapi direndam dalam air hangat seperti ditim, kemudian dipanggang dalam oven.

5. All in one

All in one cake merupakan jenis cake yang paling simpel dan mudah sekali dibuat, karena tidak membutuhkan mixer dan pemisahan bahan. Jenis cake ini dibuat dengan cara mengaduk semua bahan-bahan menjadi satu, hingga tercampur rata. Pengocokan adonan ini tidak terlalu lama dan tidak perlu mengembang, sehingga cukup diaduk dengan bantuan whisk (pengocok telur). Contoh dari all in one cake ini adalah Muffin dan Brownies.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.