Masha Allah, Allahu Akbar! Baru Umur 2 Tahun Sudah Hafal 42 Surat Alquran

0

Seruni.id – Moms, memiliki buah hati yang sholeh dan sholehah merupakan tujuan kita dalam mendidiknya. Dalam setiap doa, anak yang sholeh dan sholehah serta sebagai penyejuk hati dan pandangan kita sebagai orang tuanya tidak pernah lupa kita lantunkan. Kita pun berharap anak-anak kita bisa hafidz Al-Quran.

Baru-baru ini viral di media sosial seorang anak berusia 2 tahun yang sudah menghafal Alquran. Anak tersebut berasal dari Malaysia. Bocah Malaysia bernama Ahmad Ziyyad Mohd Zahir itu memperlihatkan ketertarikan untuk menghafal Alquran sejak dia berusia 11 bulan.

Saat anak-anak seumurannya masih belum bisa membaca, Ahmad Ziyyad dikarunia Allah SWT kemampuan untuk membaca Alquran meski bacaannya tidak jelas. Ibunya, Nurul Syahidah Lukman, mengatakan bahwa ayat-ayat Alquran menjadi penghibur sekaligus teman karib anaknya setiap bermain.

“Kami mulai mengetahui ketertarikan Ahmad Ziyyad untuk menghafal ayat Alquran sejak usia 11 bulan. Pada saat itu, kami melihat dia komat-kamit mengikuti saya membaca Alquran meski bacaannya tidak jelas,” cerita Nurul.

Didukung oleh kebiasaan yang dilakukan suaminya, Mohd Zahir Noor Sabri, ternyata memiliki efek nyata pada kemampuan Ahmad Ziyyad untuk menghafal 42 surat Alquran. Kebiasaan tersebut adalah saat Ahmad Ziyyad masih dalam kandungan dia selalu diperdengarkan ayat-ayat suci Alquran hingga dia lahir oleh suaminya. Syahidah dan Sabri mengatakan bahwa ayat-ayat Alquran juga merupakan ‘lagu’ pengantar tidur anaknya di malam hari.

“Kami tidak pernah memasang lagu lain selain ayat Alquran. Biar di rumah, di tempat kerja atau di dalam mobil,” ujar Sabri.

Mengenai kemampuan Ahmad Ziyyad, Sabri mengatakan dia pernah menyuruhnya membaca halaman Muqaddam. Sabri terkejut dan terharu karena Ahmad Ziyyad bisa membacanya. Surat Alquran yang sering kali menjadi pilihan Ahmad Ziyyad untuk dihafal adalah Surat Al-Waqiah, Surat Ar-Rahman, Surat Yaasin, Surat Al-Mulk dan Surat Al-Kahfi.

Menurut Shayidah, sekarang anak tunggalnya itu bisa membaca semua surat. Tapi masih perlu dibantu pada awal ayat tersebut. Setelah itu Ahmad Ziyyad yang akan meneruskannya sampai habis.

Nah Moms, bisa kita tiru bagaimana mendidik anak-anak kita menjadi generasi Quran.

 

Sumber: Siakapkeli.my

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.