Mau Menu Asupan Sehat dan Murah ? Ini Tipsnya

0
hellosehat.com

Seruni.id – Mengonsumsi asupan sehat dan bergizi seimbang merupakan salah satu langkah untuk memiliki  tubuh yang sehat dan paripurna. Namun sayangnya, tak sedikit orang yang enggan mengonsumsi menu makan sehat lantaran sudah berasumsi bahwa harga makanan sehat pasti mahal. Padahal tidak melulu makanan sehat itu mahal loh, tapi yang penting adalah cara kita menyiasatinya. Banyak juga ternyata menu asupan sehat yang murah asalkan kita menerapkan hal-hal berikut ini:

1. Ganti bahan makanan

Ingin menu makan sehat layaknya orang Eropa dengan harga yang lebih terjangkau? Kamu tak perlu benar-benar menjiplak menu yang mereka santap. Kamu hanya perlu menggantinya!

Misalnya begini, jika orang Eropa mengonsumsi roti gandum utuh sebagai sumber karbohidrat, maka kamu dapat menggantinya dengan ubi atau pisang. Sedangkan untuk keju atau susu alias sumber kalsium dan zat besi, kamu dapat menggantinya dengan sayuran seperti bayam, brokoli, pok choy atau buncis.

2. Perhatikan cara mengolah

Misalnya, jika kamu memilih ubi sebagai pengganti roti gandum utuh, maka kamu dapat mengolah ubi tersebut dengan cara direbus atau dikukus. Sedangkan jika memilih pisang, maka itu berarti kamu dapat langsung mengonsumsinya begitu saja. Poin terpenting adalah sebisa mungkin kamu menghindari untuk memasak ataupun mengolah menu makanan dengan cara digoreng.

3. Lebih kreatif memadukan makanan

Kamu bosan dengan menu makanan sehata yang itu-itu saja? Tenang saja, kamu perlu khawatir akan rasa bosan yang mungkin datang menghampiri. Jika hal ini terjadi, kamu hanya perlu untuk lebih kreatif dalam menyajikan menu makanan yang hendak dikonsumsi.

Ambil contoh, jika orang Eropa mengonsumsi salad sayur atau buah dengan dressing saus mayonaise dan keju, maka kamu dapat menggantinya dengan satu porsi sayur yang dilengkapi sambal. Tentu saja tanpa tambahan gorengan ya, hehe. Tak kalah sehat bukan, bahkan rasanya bisa jauh lebih enak dari sekadar salad sayur atau buah khas Eropa loh!

Nah bagaimana tips di atas? semoga bermanfaat ya dan salam hidup sehat!

-dari berbagai sumber-

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.