Mengatasi Mabuk Perjalanan

0

Seruni.id – Di  musim liburan akhir tahun seperti ini, pasti para Momies dan keluarga sudah merencakan tujuan liburan masing-masing ya. Nah, dikarenakan liburan akhir tahun menjadi salah satu liburan bersama yang dimanfaatkan hampir seluruh keluarga, maka dipastikan jalan-jalan menuju tempat wisata favorit akan padat dengan kendaraan dan pengunjungnya kan? Lokasi yang biasanya ditempuh dalam waktu 2-3 jam, bisa bertambah 2x bahkan 3x lipatnya karena volume kendaraan yang bertambah. Tak jarang, banyak dari kita, termasuk anak-anak yang menjadi pusing, kelelahan, sampai mabuk di perjalanan karena terlalu macet dan lama di jalan.

Bagaimana ya menyiasati mabuk perjalanan supaya acara liburan tetap menyenangkan? yuk simak beberapa tips berikut ini:

  1. Mengunyah permen rasa mintIni adalah salah satu obat yang membantu mengurangi rasa mual dan sakit kepala akibat mabuk perjalanan. Jika Anda tidak menyukai rasanya, Anda bisa mencoba setetes minyak aromaterapi peppermint di pergelangan tangan atau saputangan, lalu dihirup setiap kali Anda merasa mual dan pusing. Obat mabuk perjalanan ini juga cocok untuk balita.

2. Mengoles Minyak Kayu Putih

Meskipun tidak semua orang menyukai bau minyak kayu putih karena aromanya yang menyengat, namun minyak ini bisa jadi senjata ampuh untuk mengatasi serangan mual dan pusing. Oleskan minyak kayu putih ke bagian leher, tengkuk, dada, dan perut agar tubuh Anda terasa lebih hangat dan rileks. Jika Anda tida suka bau minyak kayu putih, Anda bisa menggantinya dengan minyak lain yang juga mampu menghangatkan tubuh.

3. Minum Rebusan Jahe atau Teh Manis Hangat

Jahe adalah salah satu jenis rempah-rempah yang efektif meringankan efek mabuk perjalanan Anda. Anda bisa minum air rebusan jahe yang diberi tambahan madu ataupun gula satu jam sebelum melakukan perjalanan atau membawa bekal air rebusan jahe di dalam termos panas untuk diminum selama perjalanan. Minuman lain yang bisa meredakan mual dan pusing selama perjalanan adalah teh. Siapkan teh hangat yang rendah gula dalam sebuah termos kecil untuk menenangkan tubuh Anda dan mengurangi perasaan kelelahan selama perjalanan. Agar mendapatkan manfaat yang lebih, Anda bisa menggunakan teh chamomile dan menambahkan daun mint.

4. Minum Obat Anti Mabuk Sebelum Melakukan Perjalanan

Metode lain yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi mabuk perjalanan adalah mengkonsumsi obat anti mabuk kendaraan. Obat ini biasanya dijual bebas di toko-toko obat. Namun sebelum mengkonsumsi obat anti mabuk tersebut ada baiknya Anda membaca aturan pemakaian untuk memastikan apakah obat tersebut menyebabkan kantuk atau tidak.

5. Hindari asap rokok dan aroma yang berbau tajam

Ketika berada di dalam kendaraan, hindarilah mencium aroma yang terlalu tajam seperti parfum. Bila perlu, hindari membawa benda atau makanan dengan bau yang terlalu menyengat, seperti durian. Sesuatu yang beraroma tajam akan membuat kepala lebih rentan terhadap rasa sakit dan juga rasa mual lebih cepat datang. Jika Anda duduk bersama penumpang yang memiliki kebiasaan merokok maka ada baiknya Anda berganti tempat duduk. Asap rokok akan menyebabkan suplai oksigen ke dalam tubuh berkurang. Akibatnya, mabuk perjalanan akan lebih cepat hadir. Untuk menghindari asap rokok, Anda juga bisa membuka kaca jendela mobil agar terjadi sirkulasi udara yang lebih lancar.

6. Duduk di Bagian Depan

Jika Anda bepergian menggunakan mobil, usahakan agar Anda selalu duduk di kursi depan. Para peneliti menyatakan bahwa mabuk kendaraan terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara apa yang dilihat oleh mata dan bagaimana tubuh menginterpretasikan gerak kendaraan. Hal itulah yang akan menyebabkan mual dan pusing sebagai gejala dari mabuk kendaraan.

7. Buat Sirkulasi Udara yang Baik

Beberapa faktor yang menyebabkan mabuk kendaraan di antaranya adalah kekurangan oksigen dan juga sensitif terhadap udara dingin AC mobil. Untuk menghindari kondisi tersebut, sebaiknya Anda membuka sedikit kaca jendela mobil untuk menghasilkan sirkulasi udara yang baik. Hal tersebut akan membantu suplai oksigen yang cukup ke dalam kendaraan sehingga tubuh Anda juga tidak kekurangan oksigen. Selain itu, sirkulasi udara yang baik juga akan memberikan rasa nyaman bagi tubuh Anda.

8.Sering Beristirahat

Jika perjalanan yang Anda lakukan sangat jauh, usahakan agar Anda selalu beristirahat setiap jam. Keluarlah dari dalam mobil, duduklah di bawah pohon atau di bangku yang ada di pinggir jalan kemudian tarik napas panjang untuk merilekskan tubuh dan juga otak. Hal tersebut juga penting untuk meregangkan otot kaki dan juga tubuh sehingga rasa lelah dapat dihindari.

9.Mencoba Tidur di Dalam Mobil

Tidur bisa menjadi salah satu alternatif yang paling efektif untuk mencegah mabuk perjalanan. Cara ini juga terbukti berhasil dan sering digunakan oleh banyak orang sebagai tindakan antisipasi. Jika Anda kesulitan untuk tidur di dalam kendaraan, Anda bisa menggunakan bantuan obat tidur agar tubuh bisa beristirahat di dalam kendaraan.

10. Muntahkan Jika Sudah Tidak Tertahankan

Jika  rasa mual sudah tidak tertahankan, Anda bisa berhenti sejenak, keluar dari kendaraan, kemudian muntahkan isi perut jika sudah terasa tidak tertahankan. Cara tersebut biasanya cukup efektif untuk menghentikan mabuk kendaraan. Bahkan kebanyakan kasus menunjukkan mabuk kendaraan akan segera reda ketika seseorang telah memuntahkan isi perutnya. Rasa lega biasanya justru akan dirasakan oleh penderita.

Nah, berbagai tips di atas semoga membantu Momies dan keluarga agar bebas dari mabuk di kendaraan ya dan membuat liburan menjadi lebih menyenangkan. Selamat berlibur!

Anggraini

Dari berbagai sumber

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.