Mengenal MP-ASI

0

Seruni.Id. Makanan Pendamping Air Susu Ibu atau yang biasa disebut dengan MP-ASI merupakan makanan atau minuman selain ASI yang memiliki kandungan gizi dan diberikan kepada bayi sebagai tambahan bersama pemberian ASI. MP-ASI akan diberikan kepada bayi atau anak usia 6 – 24 bulan.

Anda tidak boleh memberikan MP-ASI ini kepada anak dibawah usia 6 bulan karena menurut James Akre pemberian MP-ASI kepada anak dibawah usia 6 bulan memiliki resiko.

Resiko jangka pendek tersebut adalah : menurunkan produksi ASI, defisiensi zat besi dan anemia, bahaya gastointeritis sedangkan resiko jangka panjang adalah obesitas, hipertensi dan arteriokleriosis.

Sebenarnya tujuan dari pemberian MP-ASI ini adalah untuk menambah energy, membantu dalam proses pertumbuhan bayi, sebagai makanan pelengkap dan mengembangkan kemampuan bayi untuk mengunyah, mencium dan menelan serta melakukan adaptasi pada makanan yang mengandung energy tinggi.

Oleh karena itu anda harus mencari informasi bahan makanan yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan balita untuk dapat ditambahkan ke dalamnya. MP-ASI harus diberikan sesuai dengan usia bayi sebagai contoh usia 6 bulan anak dapat diberikan hati sapi, ayam sayuran hijau seperti brokoli dan bayam yang tentunya sudah diolah sesuai dengan ketentuan.

Berikan mulai dari yang bertekstur lembut, cair hingga kasar. Bayi diatas 6 bulan sudah dapat diberikan makanan yang mengandung zat besi dan vitamin c seperti tepung beras dan sari buah. Anda juga harus memastikan bahwa bahan tersebut aman apabila dicampur ke dalam makanan bayi.

Perhatikan juga higienitas alat masak dan proses pembuatan makan serta metode penyimpanan hingga memberikan makanan tersebut.

-dari berbagai sumber-

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.