6 Tips Menghilangkan Kantuk Setelah Begadang

0
vemale.com

Seruni.id – Moms, terkadang kita memiliki urusan yang perlu diselesaikan malam hari sehingga membuat kita harus begadang, misalnya karena bayi yang terus terbangun di tengah malam, atau mengerjakan deadline pekerjaan. Sedangkan ketika bangun di pagi harinya tugas lain sudah menanti, apa yang perlu dilakukan untuk menghilangkan kantuk setelah begadang, coba lihat tips berikut ini:

Minum Kopi
Perlu diingat, konsumsi kopi tidak boleh terlalu banyak, apalagi bila tidak terbiasa meminumnya. Kafein dapat menyebabkan rasa cemas dan gelisah. Cukup konsumsi sekitar 100 mg atau secangkir kopi berukuran kecil.

Cara ini bisa membuat kantuk berkurang sebab kafein dapat memicu produksi adrenalin dan menghambat zat kimia penyebab kantuk di otak.

Minum Air Putih
Pastikan asupan air putih yang diminum pagi itu cukup agar tidak lesu dan sulit konsentrasi karena dehidrasi. Anjuran volume air yang sebaiknya diminum adalah 6 hingga 8 gelas per hari.

Berada di Tempat Terang
Agar tidak mengantuk beradalah di tempat yang terang. Misalnya dengan membuka tirai jendela agar sinar mentari masuk, atau berjalan kaki (tidak duduk di mobil saja) saat pergi ke tempat kerja.

Mandi dengan Air Dingin
Tubuh menjadi lebih terjaga saat lingkungan bersuhu dingin. Coba deh mandi air dingin di pagi hari agar tubuh lebih segar.

Camilan Sehat
Kebanyakan makan camilan junkfood malah bisa berefek makin mengantuk, untuk mengatasinya, pilihlah camilan sehat yang akan meningkatkan energi. Contohnya, buah, yoghurt, kacang-kacangan, serta biskuit gandum.

Tidur Siang yang Cukup
Tidak perlu lama, cukup terlelap selama 15 hingga 20 menit di tengah jam kerja. Cara ini akan memberi energi ekstra sehingga membuat kembali terjaga. Jangan biarkan durasi tidur siang terlalu lama karena justru bisa menyebabkan sleep inertia, ditandai dengan kondisi tidak nyaman dan cemas setelah bangun tidur. Hal ini dapat memperburuk kondisi yang sudah lelah akibat kurang tidur.

Semoga beberapa tips di atas bisa bermanfaat ya, Moms.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.