Mengungkap Khasiat Mentimun

0
Khasiat Mentimun

Seruni.id – Mentimun kerap disajikan sebagai bahan pendamping dan penghias beragam jenis makanan seperti ayam bakar dan nasi goreng. Segelas air mentimun dingin juga merupakan minuman yang menyegarkan dan kaya manfaat. Lalu apa sih Khasiat Mentimun itu?

Di balik rasanya yang segar, ternyata mentimun juga memiliki sederet manfaat kesehatan, lho.

 

Air mentimun akan membantu proses detoksifikasi dan membuang semua racun, yang membantu menurunkan berat badan. Memasukkan mentimun ke dalam minuman adalah cara terbaik untuk mengonsumsi vitamin dan mineral.

Ini adalah pengganti yang baik untuk minuman manis dan bisa membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Mentimun dikemas dengan vitamin, mineral, serat makanan dan fitonutrien yang membantu menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Mentimun kaya akan vitamin B, kalium, magnesium dan juga penuh dengan antioksidan. Lihatlah 10 manfaat air mentimun saat pagi hari.

Untuk lebih jelasnya manfaat apa saja yang terkandung dalam mentimun, yuks disimak beberapa Khasiat Mentimun berikut ini:

1. Kaya Antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang mencegah kerusakan sel dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Mentimun mengandung antioksidan seperti vitamin C, beta-karoten, mangan, dan beberapa antioksidan flavonoid lainnya yang dapat mengatasi kerusakan sel oleh radikal bebas tersebut.

2. Mencegah Kanker

Selain antioksidan, mentimun juga memiliki senyawa yang disebut cucurbitacins dan sekelompok nutrisi yang disebut lignan. Senyawa-senyawa tersebut diketahui memainkan peran utama dalam melindungi diri dari kanker. Sebuah fisetin flavonoid diet yang ditemukan dalam mentimun dapat membantu memperlambat perkembangan kanker prostat loh.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Penyebab utama tekanan darah tinggi adalah terlalu banyak mengonsumsi garam dan terlalu sedikit kalium. Kelebihan garam menyebabkan tubuh menahan cairan, yang membuat tekanan darah meningkat. Kalium dalam mentimun adalah elektrolit yang membantu mengatur jumlah natrium yang tertahan oleh ginjal sehingga tekanan darah pun dapat menurun.

4. Kesehatan Kulit

Air mentimun dikenal dapat membantu kesehatan kulit dari dalam dan juga dari luar. Menjaga tubuh dari dehidrasi. Selain itu bisa membantu dalam menghilangkan racun agar keluar dari tubuh Anda. Mentimun juga mengandung vitamin B5 yang membuat kulit sehat.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Khasiat Mentimun lainnya adalah meningkatkan kesehatan tulang. Mentimun mengandung vitamin K yang tinggi dan dapat memberi Anda 19 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Vitamin K diperlukan untuk membantu membentuk protein yang dibutuhkan untuk membuat tulang dan jaringan yang sehat serta untuk membantu bekuan darah Anda dengan benar.

6. Membantu Dalam Menurunkan Berat Badan

Gantilah minuman manis dan atau soda diet dengan air mentimun yang dapat membantu mengurangi beberapa kalori. Air mentimun meningkatkan metabolisme dan dapat mengurangi nafsu makan dengan memberikan rasa kenyang.

7. Membantu Menghidrasi Otot

Penting untuk menjaga otot-otot pada tubuh tetap kuat saat menua. Kandungan silika dalam mentimun tidak hanya bagus untuk kulit, tetapi juga membantu kesehatan jaringan otot. Minum air mentimun setiap hari membantu dalam pemulihan otot, hidrasi setelah latihan dan kesehatan fisik secara keseluruhan.

8. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kandungan fisetin dalam air mentimun adalah flavonol anti-inflamasi yang membantu meningkatkan fungsi otak dan memori. Itu membuat otak lebih sehat dan lebih muda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu membantu pasien Alzheimer mempertahankan fungsi kognitif.

9. Mencegah Bau Mulut

Ketimun memiliki efek pendinginan pada tubuh, yang dapat mencegah datangnya bau mulut. Bau mulut disebabkan oleh panas yang berlebihan di perut. Air mentimun meningkatkan air liur dan strip dari bakteri penyebab bau di dalam mulut.

Baca Juga : Obat Radang Tenggorokan Akibat Bakteri Dan VirusObat Radang Tenggorokan Akibat Bakteri Dan Virus

10. Membantu Pencernaan

Sistem pencernaan yang sehat menyimpan banyak masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan dan gastritis di lambung. Minum air mentimun membantu menjaga pencernaan yang baik karena kandungan serat makanannya yang tinggi. Kulit mentimun mengandung serat tidak larut, yang membantu makanan untuk bergerak melalui saluran pencernaan.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.