6 Aneka Minuman Es dari Berbagai Daerah di Indonesia

0
lifestyle.okezone.com

Seruni.id – Indoesia terkenal sebagai negara tropis dengan kelembapan tinggi yang sering membuat orang mudah haus dan berkeringat. Jadi, tak heran aneka minuman dingin banyak bermunculan. Seperti 6 aneka minuman es dari berbagai derah di Indonesia yang akan kita bahas di bawah ini. Bukan hanya bernuansa modern, ada juga aneka minuman dingin tradisional yang sudah jadi kekayaan kuliner dan hadir sejak berpuluh-puluh tahun lamanya. Meski jadul, aneka minuman ini masih jadi incaran untuk pelepas dahaga hingga saat ini lho. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini.

Es Teler

Image result for Es Teler
lifestyle.okezone.com

Siapa yang tak kenal minuman es satu ini? Es teler merupakan minuman asli dari Jawa Tengah yang sangat populer di kalangan masyarakat karena rasanya yang memang bikin teler saking enaknya. Aneka isiannya seperti potongan buah alpukat, nangka, kelapa, dan cincau yang disiram kuah santan, susu kental manis, dan tambahan es batu. Saat ini, es teler mudah ditemukan dimana-mana, bahkan ada yang mengangkatnya sebagai brand restoran.

Es Selendang Mayang

Related image
resepgulaku.com

Es yang satu ini berasal dari dari Betawi. Resep esnya sudah turun temurun dari leluhur. Bahan utamanya ialah tepung sagu yang dibuat agar mirip seperti agar-agar. Jika dilihat sekilas, adonannya mirip dengan kue lapis kanji dengan warna merah dan hijau berpadu dengan warna putih sehingga tampak menarik. Adonan kemudian dipotong secara tipis melebar, diletakkan dalam mangkuk, diberi es batu dan sirup gula merah lalu disiram kuah santan.

Es Oyen

Related image
berandama-sakan.blogspot.com

Es yang berasal dari daerah Bandung ini kini terkenal di Surabaya. Minuman es yang berbahan dasar alpukat dan kelapa muda yang kemudian disiram kuah susu kental manis dan tak lupa es batu. Es oyen memang sedikit mirip dengan es campur tapi bedanya dengan es campur, es oyen memakai cincau dan pacar cina sehingga terlihat berwarna-warni di balik gelas kaca. Selain bahan-bahan di atas, es oyen juga sering ditambahkan tapai singkong, nangka, kolang-kaling, dan sirup merah.

Es Tebak

Related image
raunsumatra.com

Es yang satu ini memang memiliki nama yang cukup unik “Es Tebak” . Tapi, bukan berarti kita harus menebak terlebih dahulu ya. Es tebak ini merupakan minuman es khas Padang yang bahan utamanya adalah cincau hitam, tape ketan hitam, kolang-kaling serta tebak. Tebak sendiri merupakan adonan yang terbuat dari tepung beras serta dimasak lalu dicetak mirip cendol. Teksturnya lebih keras dari cendol dan warnanya putih seperti parutan kelapa. Es Tebak umumnya akan disajikan bersama sirup merah, susu kental manis serta es serut.

Es Pisang Hijau

Image result for Es Pisang Hijau
goodindonesianfood.com

Siapa yang tak kenal minuman es khas Makassar yang satu ini. Bahan utamanya adalah pisang yang diselimuti tepung berwarna hijau. Warna hijau ini didapat dari air daun suji serta pandan. Walau sama-sama berbahan pisang, namun es ini berbeda dengan Es Palu Butung yang sama-sama berasal dari Makassar juga.

Es Goyobod

Image result for Es Goyobod
PengusahaSukses.com

Es goyobod ini merupakan minuman dingin khas dari Bandung. Es ini hampir sama seperti es campur. Namun bedanya adalah dalam Es Goyobod terdapat hunkue yang telah dipotong-potong. Es ini cocok dijadikan menu dalam berbuka puasa karena rasa yang manis, menyegarkan serta kaya protein dari susu dan juga vitamin dari buah-buahan.

Baca Juga: Segarnya 5 Minuman Untuk Berbuka Puasa

Demikian adalah beberapa macam minuman es dari berbagai daerah di Indonesia. Kita bisa membuatnya sendiri di rumah sebagai salah satu menu takjil untuk berbuka puasa. Atau, kita juga bisa membuatnya di akhir pekan saat sedang tidak bulan Ramadhan untuk menikmati kesegarannya. Bahan-bahan utama seperti buah, susu kental manis, sirup merah hingga adonan tepung terbilang mudah untuk didapatkan di sekitar kita. Karena es ini adalah es khas dari Indonesia maka tidak akan sulit dalam mencari bahan bakunya. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.