Moms, Ini 13 Menu Kaya Serat Solusi Sembelit

0

Seruni.id – Moms, apa anda dan atau keluarga anda pernah buang air besar (BAB) tidak lancar? Biasanya orang akan langsung memberikan saran agar Anda mengonsumsi pepaya. Yap, benar, Pepaya memang memiliki khasiat untuk mempermudah pembuangan sisa-sisa makanan dalam perut. Tapi pepaya bukan satu-satunya, lho.

Selain konsumsi air yang cukup, konsumsi makanan kaya serat juga akan membantu. Begitu yang dijelaskan oleh Jordan Karlitz, M.D, profesor di Tulane University School of Medicine.

Beberapa makanan berikut akan memberikan asupan serat tinggi bagi pencernaan anda, serta membantu mengatasi–sekaligus mencegah–masalah susah BAB secara alami.

1. Oatmeal

Oatmeal ini mengandung serat larut yang dapat mengurangi masalah pencernaan dan baik untuk kesehatan jantung anda, Moms. Anda bisa mengonsumsi oatmeal dengan buah berry agar memberikan rasa yang lebih lezat.

2. Stroberi dan Pisang

Buah-buahan ini mengandung serat yang tinggi, terutama pada bagian biji. Tak hanya stroberi, pisang pun demikian. Oleh karena itu disarankan untuk menjadikan dua buah ini cemilan di pagi hari demi perut yang lebih plong.

3. Almond

Kacang mengandung lemak yang baik untuk jantung dan segudang nutrisi penting bagi tubuh. Almond termasuk salah satu jenis kacang dengan kadar serat tinggi, lho.

4. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah salah satu makanan yang mengandung serat yang sangat tinggi, yang tentu dapat membuat pencernaan anda menjadi lancar. Selain mengandung serat tinggi, ubi juga mengandung beta-karotin dan vitamin A yang tinggi.

Direbus ataupun dibakar, dan dikonsumsi bersama kulitnya, anda tetap bisa mendapatkan manfaat dari jenis umbi-umbian ini.

5. Buah Apel dan Pir

Memakan buah-buahan segar bisa membantu anda mengatasi sekaligus mencegah sembelit. Hal tersebut dikarenakan buah-buahan mengandung serat tinggi. Di antaranya yang baik untuk anda pilih adalah buah apel dan pir. Apel dan pir berukuran kecil hingga sedang dapat menyediakan setidaknya 3-4 gram serat untuk pencernaan anda.

Selain memperlancar sistem pencernaan, buah ini juga cukup ampuh untuk mengobati diare (diarrhea). Membantu melancarkan pembuangan kotoran dari sistem penceraan jika anda sembelit, dan membuat kotoran menjadi lebih padat ketika anda mengalami masalah diare.

6. Brokoli


Seperti halnya ubi jalar, brokoli juga merupakan sumber serat tinggi. Menyajikannya dalam menu makan anda, baik sebagai sayuran ataupun lalapan mentah, akan membantu mengatasi masalah susah BAB anda.

Di samping seratnya yang tinggi, brokoli merupakan makanan bernutrisi tinggi. Karenanya, jenis tanaman crucifera satu ini sangat baik jika dikonsumsi secara rutin, untuk mendapatkan ragam manfaat kesehatan seperti vitamin C dan meningkatkan sistem imun, hingga mencegah kanker.

7. Aneka buah beri

Jenis buah-buahan beri umumnya adalah sumber serat yang baik. Termasuk di dalamnya Strawberry, blueberry, blackberry, dan juga raspberry. Semuanya mengandung serat yang cukup tinggi, serta rendah kalori.

8. Yogurt

Jika memiliki masalah konstipasi atau sembelit, yogurt bisa jadi solusi. Bakteri lactobacillus dalam yogurt dapat membantu memperlancar pencernaan. Anda bisa nikmati yogurt dengan stroberi dan kacang almond sekaligus.

9. Buah-buahan kering

Selain dalam bentuknya yang segar, buah-buahan yang dikeringkan juga termasuk sumber serat yang bagus. Kismis, kurma, buah ara, prun/prem, hingga pisang (yang dikeringkan hingga menyerupai keripik), adalah cemilan nikmat yang sekaligus berfungsi untuk mengatasi sembelit.

10. Lidah Buaya

Lidah buaya dipercaya sejak dulu sebagai makanan pencahar alami. Zat Anthraquinones yang terkandung dalam lidah buaya berfungsi sebagai laksatif yaitu menghidrasi dan merangsang produksi lendir usus yang berguna memperlicin saluran pencernaan.

Dengan begitu gerak peristaltik usus akan meningkat dan mempercepat proses pembuangan kotoran.

11. Kiwi

Beberapa buah mengandung fruktosa yang tinggi. Slah satunya adalah Kiwi. Kiwi tidak hanya memberi asupan serat yang cukup, tapi kabar baiknya juga kiwi rendah fruktosa atau gula buah yang memicu gas dalam perut.

Semangkuk kecil kiwi memberikan 5 gram serat, selain itu anda  mendapat keuntungan vitamin C sebanyak 2 kali lipat dari kebutuhan per-harinya.

12. Bayam

Satu mangkuk sup bayam memberi 4 gram serat . Selain itu bayam juga merupakan sumber terbaik dari magnesium. Magnesium bermanfaat untuk  membantu kontraksi usus dan bersifat menyerap air untuk melembabkan saluran pencernaan. Memasukkan bayam dalam menu diet anda cara sempurna untuk menghindari sembelit.

13. Millet

Millet adalah gandum yang merupakan salah satu yang paling sehat di dunia. Hal ini seperti sereal yang mengandung protein juga. Memiliki millet beras atau gandum dapat membantu mencegah sembelit.

Nah Moms, sangat baik untuk dicoba jika ada anggota keluarga yang mengalami sembelit ataupun baik untuk diet. Semoga bermanfaat ya.

 

-Arumadewi-

Dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.