Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi, Simak Tipsnya Yuk!

0

Seruni.id – Mudik adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu saat lebaran. Tradisi mudik ini sudah turun temurun dilakukan dan menjadi fenomena rutin di Indonesia. Saat-saat mudik biasanya sudah mulai berlangsung sejak sekitar  1 minggu sebelum lebaran. Berbagai jenis transportasi baik darat, laut, maupun udara, biasanya selalu penuh jelang saat-saat mudik seperti sekarang ini. Banyaknya masyarakat yang akan mudik membuat kita harus hati-hati dan penuh persiapan yang matang agar mudik kita berjalan aman dan nyaman. Apa saja tips bagi pemudik, khususnya yang membawa kendaraan sendiri ya?

  1. Cek Kondisi Kendaraan Kita

Sebelum berangkat, pastikan cek kendaraan kita secara maksimal, mulai dari kondisi mesin, bahan bakar, ban, dan lain sebagainya. Berangkatlah di saat kondisi kendaraan kita sudah layak guna untuk perjalanan jauh.

2. Pastikan Jumlah Penumpang dan Barang Bawaan Tidak Melebihi Kapasitas Kendaraan

Biasanya barang bawaan pemudik banyaknya luar biasa. Jumlah penumpangpun kadang diisi seoptimal mungkin. Namun, ingatlah bahwa keselamatan adalah hal yang paling utama. Jangan paksakan penumpang dan bawaan hingga melebihi batas sehingga membuat perjalanan menjadi tidak nyaman.

3. Siapkan Perbekalan yang Cukup

Saat mudik, kondisi perjalanan pasti penuh dengan volume kendaraan dengan tujuan yang sama. Hal ini membuat perjalanan kita menjadi macet dan sulit memprediksi waktu sampai di rest area ataupun tempat tujuan. Agar perjalanan tetap nyaman, maka siapkanalah perbekalan yang cukup agar kita tidak kelaparan dan juga kehausan.

4. Siapkan Obat-obatan

Perjalanan yang macet membuat kondisi badan kadang menjadi tidak enak. Mual, masuk angin, pusing, dan lain-lain biasanya menghinggapi para pemudik. Untuk itu, selalu siapkan obat-obatan untuk meredakan berbagai sakit  tersebut sehingga kita tetap fit dan semangat.

5. Pastikan Uang Tunai dan Saldo E-Toll Anda Cukup Hingga Akhir Perjalanan

Hal ini juga tidak kalah penting. Musim mudik seperti ini biasanya ATM sudah banyak yang tidak ada isinya, atau sulit dijangkau. Penyedia top up e-toll pun biasanya sulit didapat, karena itu sebelum pergi mudik, pastikan Anda membawa uang tunai dan saldo E-Toll yang cukup hingga sampai tujuan mudik.

6. Aktifkan GPS dan Maps

Aktifkan GPS dan maps di telepon genggam Anda untuk mencari jalur alternatif yang lebih lancar dan lebih cepat menuju kota tujuan Anda.

7. Gunakan Busana yang Simpel dan Nyaman

Karena mudik biasanya memakan waktu 2 kali lipat lamanya dibanding perjalanan biasa, maka gunakanlah busana yang simpel dan nyaman, sehingga Anda leluasa untuk bergerak dan tidak kegerahan selama dalam perjalanan.

8. Jangan Lupa Beristirahat

Ketika kondisi pengemudi dan penumpang sudah lelah duduk seharian dalam kendaraan, luangkan waktu untuk beristirahat. Jangan paksakan untuk terus melanjutkan perjalanan demi keselamatan bersama.

Nah, demikianlah tips mudik bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY