Muhammad Iqbal, Mantan Pemain Pesantren & Rock n Roll yang Kisah Hijrahnya Mengharukan, Meninggal Dunia

0

Seruni.id – Innalillahi wainna ilaihi raji’uun, kabar duka kembali meliputi dunia hiburan Indonesia. Mantan pemain sinetron Pesantren & Rock n Roll, Muhammad Iqbal Azhari, dikabarkan meninggal dunia pada hari Sabtu (30 /12/2017) kemarin.

Iqbal menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Advent Bandung karena sakit. Iqbal menderita penyakit liver stadium akhir.

Memang tidak trlalu terdengar tentang meninggalnya Iqbal ini. Kabar meninggalnya pria bertato yang sudah hijrah ini bisa dilihat pada postingan beberapa sahabatnya di sosial media, seperti Ustaz Derry Sulaiman dan Ustaz Hanan Attaki di akun Instagram pribadinya.

Pada akun instagram pribadinya, Ustadz Derry mengunggah foto dengan tulisan sebagai berikut:

“Selamat jalan kawan… Innalillahi wa inna ilaihi raji’un… Banyak kenangan yg ada di otak ku…. aku berduka…. @muhammad_iqbalazhari

Aku bersaksi…

Antum orang baik…

Orang sholeh…

Da’iNya Allah…. Smg Allah ampunkan semua khilaf & dosa & terima semua pengorbanan antum braderr… i love u… Allah loves u… InsyaAllah masuk surga… aamiiin… Sahabat ku semua… tolong kirimkan doa yg tulus utk iqbal yaaa… al fatihah… #dsas

#langkahdakwah
#inspirasitaubat
#ngopi
#benderakuning
#mobilderek

#pesantrenrockandroll” tulis ustaz Derry dalam caption fotonya.

Sedangkan Ustadz Hanan Attaki pada akun istagramnya memposting foto beserta caption foto sebagai berikut:

Teman2, yuk kirim alfatihah dan doa untuk sahabat kita @muhammad_iqbalazhari … semoga Allah menerima amal solehnya, mangampuni dosanya, menjadikan alam kuburnya sbg taman surga

Beliau sosok inspirasi dalam hijrah dan dakwah

Semoga kita bertemu lagi sobat, di dalam surga Allah. Kami akan lanjutkan perjuanganmu” tulis ustaz Hanan Attaki dalam caption fotonya.

Seperti diketahui, nama Muhammad Iqbal sendiri sempat menghiasi dunia persinetronan Indonesia pada tahun 2011 silam, yaitu Iqbal menjadi pemain di sebuah sinetron religi berjudul Pesantren & Rock n Roll.

Berikut ini cuplikan video tentang aktingnya dalam sinetron tersebut.

Setelah membintangi sinetron tersebut, nama Muhammad Iqbal semakin dikenal oleh anak-anak muda. Dia dikenal sebagai Motivator Hijrah, terutama oleh para remaja di Bandung.

Iqbal memang dikenal sering mengajak para remaja untuk hijrah menjadi muslim yang lebih baik. Namun mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa sang motivator hijrah ini rupanya juga memiliki masa lalu yang cukup kelam.

Dalam acara Titik Balik Trans 7 tahun 2015 silam, Iqbal pernah mengisahkan bahwa dirinya semapt menjadi anak jalanan karena pergi dari rumah dan tinggal di jalanan sejak kelas 1 SMP.

“Awalnya saya suka musik metal dan keras. karena bisa lampiaskan emosi saya. Dan saya dulu sempet gak pulang kelas 1 SMP saya keluar dari rumah,” ungkapnya dalam acara itu.

Beberapa saat kemudian, dirinya pun memutuskan untuk kembali ke rumah. Namun sayangnya, saat ia memutuskan untuk kembali ke rumah, orangtua dan keluarga Iqbal sudah tidak ada di rumah lagi dan pindah ke Jakarta. Oleh karena itu, akhirnya, Iqbal pun memutuskan untuk kembali ke jalanan.

Saat menjadi anak jalanan, semua pekerjaan mulai dari pengamen hingga tukang parkir pun dia lakoni untuk sekadar mengisi perut dan bertahan hidup. Bahkan, dia tidak malu-malu untuk mengambil sisa makanan orang lain.

“Dulu kalau gak ada duit dan lagi lapar. Saya tungguin orang yang makan, pas mereka pergi saya samperin makanan itu lalu saya makan. cuek aja gak ada malu-malunya dulu,” tuturnya.

Iqbal juga mengisahkan bahwa dirinya sempat menjadi korban geng motor Bandung. Alhamdulillah, saat itu nyawanya masih selamat karena berhasil bersembunyi di selokan.

Setelah enam tahun berpisah dengan keluarga, akhirnya dia bertemu kembali dengan orangtuanya.

“Saya ketemu setelah nyari 6 tahun. Saya senang, dan saya sempat bilang kalau saya bakal balik lagi ke orangtua saya. Saya salut sama orangtua yang percaya kalau saya orang baik,” ujar Iqbal.

Selain itu, Iqbal juga mengisahkan bahwa dirinya sempat menjadi seorang pengguna narkoba. Bahkan, dirinya pernah dilarikan ke rumah sakit karena overdosis. Namun, kenyataan pahit itulah yang bisa membuat hati Iqbal terpanggil untuk berhijrah menjadi manusia yang lebih baik.

“Saya overdosis dan masuk rumah sakit. Saat itu saya bernazar kalau saya masih diizinkan hidup, izinkan saya untuk tobat. Dan benar setelah saya keluar dari rumah sakit saya bertobat,” ungkap Iqbal.

Selamat jalan Ustaz Muhammad Iqbal Azahri. Semoga Allah mengampuni segala dosamu dan semoga amal ibadahmu diterima Allah. Aamiin Ya Allah.

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.