Penyakit Hati pada Perempuan

0

Seruni.id – Momies, perempuan seringkali diidentikkan dengan makhluk yang sensitif tapi juga nyinyir terhadap perempuan lain. Perempuan juga biasanya mudah sedih dan menangis tapi juga seringkali iri dan dengki dengan wanita lain. Nah, sifat-sifat buruk inilah yang disebut dengan penyakit hati. Penyakit hati yang sudah kronis dapat menjalar kepada penyakit fisik kita loh Moms. Bagaimana mengatasi penyakit yang satu ini ya Moms?

 

1. Sholat Malam

Penyakit hati biasanya disebabkan karena kita kurang bersyukur pada diri kita dan selalu iri dengan kebahagiaan orang lain. Untuk itu, salah satu obatnya adalah perbanyak sholat dan memohon ampun kepada-Nya, khususnya sholat tahajud di sepertiga malam.

2. Membaca Al-Qur’an

Setelah sholat malam, mengatasi penyakit hati berikutnya adalah dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an dan merenungi artinya. Saat kita membaca dam merenungi artinya, akan sangat terasa di hati menjadi lebih tenang dan nyaman. Jika kita sudah terbiasa membaca Al-Qur’an dan menghayati isinya, maka kita akan hanyut di dalamnya dan tak ingin berhenti membacanya.

3. Puasa

Puasa juga menjadi salah satu obat penyakit hati. Jika hati kita masih sakit, berarti kita perlu melakukan ibadah puasa. Mulailah rajin untuk melakukan puasa sunnah. Bisa dimulai dengan 1x seminggu (senin atau kamis), 2x seminggu (senin dan kamis), dan seterusnya.

4. Berkumpul dengan orang sholeh

Perempuan biasanya senang sekali untuk kumpul-kumpul, apakah itu acara arisan, shopping, makan, antar anak sekolah, dan lain sebagainya. Dalam momen-momen itu tak bisa dipungkiri bahwa kadangkala terselip gosip atau rumpian yang negatif di dalamnya. Kebiasaan buruk ini bisa membuat penyakit hati kita tak kunjung sembuh. Karena itu, mulailah kita ubah komunitas kita dengan memilih berkumpul dengan orang-orang yang sholeh dan sholehah, yang dapat membantu mengingatkan kita jika mulai salah arah dan menyimpang. Berkumpulah dengan komunitas yang dapat mengalihkan kebiasaan buruk kita dalam bergaul menjadi kebiasaan positif yang menambah kebaikan.

5. Perbanyak dzikir

Alih-alih membiasakan diri untuk hang out dibumbui gosip yang penuh iri dan dengki, lebih baik kita perbanyak dzikir kepada Allah. Semakin banyak kita berdzikir kepada-Nya, maka semakin tenang dan temtram hati kita dan insya Allah penyakit hati bisa hilang dengan sendirinya.

Yuk kita sehatkan rohani kita dengan 5 obat di atas sehingga fisik kita juga menjadi sehat dan selalu berbahagia.

-Anggraini-

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.