PLN Siaga Pasca Gempa Bumi 7,0 SR di Lombok

0

Ngelmu.co – Gempa bumi kembali mengguncang Lombok. Gempa yang terjadi di daerah Lombok Utara pada Minggu (5/8/2018) sekitar pukul 19.46 WITA atau pukul 18.46 WIB dideteksi mencapai kekuatan 7,0 Skala Richter.

Adapun pusat gempa berada pada koordinat 8.37 LS, 116.48 BT dengan kedalaman 15 Km. BMKG sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami akibat gempa ini, namun, pada pukul 20.25 WIB, BMKG mencabut peringatan tersebut.

Hingga Senin dini hari (6/8/2018) pukul 02.30 WIB tercatat 82 orang meninggal dunia akibat gempa, ratusan orang luka-luka dan ribuan rumah mengalami kerusakan. Ribuan warga mengungsi ke tempat yang aman. Aparat gabungan terus melakukan evakuasi dan penanganan darurat akibat gempa bumi.

Baca juga: Ketika Gempa Bumi Datang

Ratusan gempa susulan terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, mengikuti gempa dengan kekuatan 7 SR. Setidaknya 124 gempa susulan telah mengguncang Lombok sejak Minggu (5/8) malam yang berhasil dicatat oleh BMKG.

Sehubungan dengan gempa bumi berkekuatan 7,0 SR yang melanda wilayah NTB, Bali dan sekitarnya dan gempa susulan yang terjadi, pihak PLN menyampaikan kondisi kelistrikan Lombok semalam sebagai berikut :

  1. Sistem Lombok yang menyuplai kota Mataram dan sekitar: Sebagian besar masih padam. Saat Gempa terjadi beberapa daerah yang di suplai Sistem Lombak masih Menyala dengan Beban 50 MW dari beban Sistem Normal sebesar 220 MW.
  2. Adapun 2 (dua) Sistem Kelistrikan lainnya di NTB yakni Sistem kelistrikan Sumbawa dan Bima sebagian besar menyala dan aman, walaupun ada beberapa sebagian kecil daerah yang masih padam.
  3. Untuk memulihkan pasokan listrik di daerah terdampak gempa, khsususnya di Lombok Timur dan Lombok Utara, PLN dengan cepat melakukan: inventarisasi kondisi asset di semua lokasi pembangkit, pemulihan listrik di daerah padam secara bertahap sesuai Standard Operating Procedure, mengantisipasi gempa susulan, dan berkoordinasi dengan unit-unit PLN lain seperti Bali dan Jawa Timur untuk bantuan personil, peralatan, dan material.

PLN menghimbau kepada masyarakat serta pegawai PLN, anak perusahaan dan mitra kerja untuk tetap tenang, waspada dan mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah daerah dan BPBD setempat serta diharapkan tidak terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi yang terjadi.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.