Masha Allah, Pohon Kurma Masjid Al-Barkah Bekasi yang Selalu Berbuah Saat Ramadhan

0
pohon kurma

Seruni.id – Masha Allah, diketahui sejak 4 tahun yang lalu, hamparan pohon kurma di halaman Masjid Al-Barkah, Bekasi Selatan, senantiasa berbuah jelang bulan suci Ramadhan, meski pihak masjid mengaku kurang mengetahui cara merawat pohon kurma tersebut.

“Setelah berbuah pertama, saya kurang paham cara merawatnya, pohon ini hampir menjelang bulan puasa selalu berbuah,” ujar Ketua Harian Masjid Al-Barkah, Abdullah Hadie, di kediamannya, Jalan Sersan Idrus, Margajaya, Bekasi Selatan, Jumat (25/5).

Diketahui, pohon-pohon itu sendiri sebenarnya sudah ditanam sejak 2006 silam, bersamaan dengan pembangunan tahap pertama masjid tersebut. Di pelataran masjid, nampak pohon kurma yang mulai berbuah. Kurma tersebut terlihat muncul di ujung tangkai pohon.

Baca juga: 34 Berbagai Manfaat Dari Kurma Si Buah Purba yang Berkhasiat

“Yang rutin berbuah ada 2 pohon, dan satu pohon, tahun ini luar biasa, melebihi tahun biasanya. Muncul buah pada 33 tangkai,” kisah Hadie dengan bersemangat.

Di Masjid Al-Barkah, Bekasi Selatan, selain 12 pohon kurma di pelataran tersebut, saat ini masjid juga memiliki lebih dari 600 bibit kurma tropis yang masih ditanam di pot kurma tersebut, merupakan varietas unggul yang dibeli di Inggris.

“Saya penggiat, dan saya tanam, saya bibitin supaya tumbuh subur. Sekarang ada 12 yang sudah besar, tapi kalau yang kita pelihara sebagai penggiat itu lebih dari 600. Nah, sekarang ada kurma bagus, bibitnya dari Inggris. Ada 12 pohon, dan 9 sudah mau besar, yang tidak produktif kita tebang,” ,” ujar Abdullah.

Hadie menyatakan harapannya agar pohon kurma yang ia tanam bisa menjadi salah satu daya tarik untuk berwisata religi di Bekasi. Selain selalu berbuah di bulan Ramadhan, pohon ini juga menjadi ciri khas dari salah satu masjid termegah di Kota Bekasi itu.

Walau saat saat ini belum ada perhatian dari pemerintah Kota Bekasi, Hadie menyatakan bahwa dirinya dan para jajaran pengurus masjid lainnya mengaku bisa mengurus dan merawat pohon kurma itu dengan anugerah.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.