Pulau Banyak, Perawan di Barat Indonesia

0

Seruni.id – Kepulauan Banyak merupakan daerah gugusan Kepulauan yang masih alami. Kepulauan Banyak masuk dalam gugusan Kepulauan Banyak Kabupaten Aceh Singkil. Pulau Banyak sebelum Aceh dilanda musibah Tsunami 2014 memiliki 99 pulau, dampak dari musibah Tsunami Aceh hanya bersisah 70 pulau.

Sedangkan pulau-pulau lainnya tenggelam hanya menyisahkan Pulau Pasir Putih yang indah. Kita juga bisa melihat salah satu bukti dari pulau-pulau yang tenggelam seperti Pulau Malelo.

Pulau Banyak hampir sebagian besar adalah pulau yang tidak berpenghuni dan sebagian hanya ada bangunan Resort, Bungalow dan Pondok sederhana yang langsung menghadap ke pantai, bisa dibayangkan kita seperti berada di pulau milik pribadi.

Jika hendak menjelajah 70 Pulau di Kepulauan Banyak bisa menghabiskan waktu sampai 1 bulan loh, menantang bukan?

Pulau Banyak di Aceh Singkil merupakan salah satu destinasi wisata bahari di Pulau Sumatera yang sangat indah. Pulau-pulau yang tersebar membentuk menjadi gugusan pulau ini membuat Pulau Banyak punya banyak pantai yang panjang dan indah.

Kepulauan Banyak dikenal dengan keindahannya yang eksotis. Tempat di mana hamparan laut biru yang begitu jernih dan bertabur aneka terumbu karang di dalamnya. Tempat ini kian memesona jika dipandang melalui ketinggian di atas mercusuar.

Mercusuar ini terletak di Pulau Rangik Kecil, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Salah satu pulau mungil dari 98 pulau lainnya yang berada di Kepulauan Banyak. Meskipun kecil, namun pesona keindahan alam wisata pulau ini tidak perlu diragukan lagi.

Wajar jika wisatawan banyak yang singgah ke Pulau ini. Mercusuar tersebut bebas dinaiki oleh wisatawan,  dengan ketinggian 35 meter dan memiliki 8 lantai. Tingginya mercusuar ini memungkinkan pengunjung melihat keindahan alam sekitar berupa hamparan laut dan pulau yang sangat indah.

Pasir putihnya lebih lembut, sering memanjakan wisatawan agar betah berlama-lama menghabiskan liburannya. Lambaian daun-daun kelapa yang rindang semakin memperindah suasana Wisata dengan pemandangan alam pantai tropis.

Untuk sampai ke Pulau Banyak dapat melalui Jakarta dengan menggunakan penerbangan ke Medan karena akses tercepat ke Pulau Banyak melalui Medan. Berikutnya dari medan menggunakan jalan darat dari Medan ke Aceh Singkil, waktu tempuh untuk sampai ke Singkil memakan waktu 8 sampai 12 Jam.

 

Setelah di Kabupaten Aceh Singkil, pengunjung harus menyeberang menggunakan kapal Ferry atau kapal kayu milik nelayan dengan jarak tempuh tiga jam ke Kecamatan Pulau Banyak.

Tiba di Kecamatan Pulau Banyak, pengunjung yang hendak ke Pulau Rangit harus menyebrang lagi sekitar 30 menit menggunakan perahu mesin atau jasa speed boat untuk bisa sampai ke Pulau Rangit Kecil ini.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.