Rutin Melakukan Sauna Bisa Menurunkan Risiko Stroke

0
barelaserandskin.com

Seruni.id – Saat sedang merasa lelah, capek, dan stres setelah melakukan berbagai aktivitas, satu hal yang paling kita butuhkan adalah istirahat, bukan? Atau paling tidak mandi menggunakan air hangat sehingga bisa melepaskan rasa lelah tersebut. Salah satu cara untuk melapas lelah dan stres adalah dengan melakukan sauna atau spa, mandi uap yang dianggap sebagai relaksasi.

Temuan baru yang terbit di jurnal Neurology membuktikan, jika orang yang rutin melakukan sauna empat hingga tujuh kali seminggu, diketahui sekitar 60 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terserang stroke, dibandingkan mereka yang hanya melakukan sauna seminggu sekali.

Peneliti mengambil partisipan asal Finlandia, di mana sauna adalah bagian dari budaya setempat, sehingga banyak orang memiliki fasilitas sendiri di rumahnya. Sebanyak 1.628 orang dewasa diteliti selama sekitar 15 tahun. Mereka diminta mengisi survei tentang penggunaan sauna dan kebiasaan gaya hidup lainnya. Partisipan juga melakukan uji kesehatan sebelum dilakukannya penelitian.

Hasilnya, perbedaan mencolok ditunjukkan antara kelompok yang rutin melakukan sauna dan yang tidak. Mereka yang melakukan sauna paling sering, terhitung hanya 2,8 stroke per 1.000 orang, dan yang paling jarang melakukan sauna tingkat risikonya 8,1 stroke per 1.000 orang. Perbedaan di atas menunjukkan bahwa ada peluang 60 persen lebih rendah bagi pengguna aktif sauna, untuk terhindar dari risiko stroke.

Kegiatan sauna ini tentu saja memiliki hubungan yang erat dengan lancarnya peredaran darah, tekanan darah dan kesehatan jantung sehingga bisa menurunkan risiko stroke secara signifikan.

Baca Juga: Kurangi 5 Jenis Makanan ini Jika Tak Ingin Terserang Stroke

Penelitian serupa yang dilakukan oleh Harvard Medical School, menunjukkan bahwa bahwa pria yang sering melakukan sauna, memiliki tingkat penyakit jantung dan alzheimer lebih rendah daripada mereka yang jarang ke sauna.

Bukan hanya bisa menurunkan stres dan berperan sebagai kegiatan relaksasi, sauna juga bisa melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan area jantung atau kardiovaskuler sehingga risiko stroke pun rendah. Jadi, rajinlah melakukan kegiatan sauna agar tetap sehat ya, Ladies.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.