Ini yang Harus Dihindari Saat Beli Smartphone

0
beli smartphone

Seruni.id – Setiap tahun ini kita melihat banyak vendor smartphone dunia meluncurkan produk-produk terbarunya dengan beragam fitur kekinian dengan berbagai macam kelebihan yang dimilikinya. Tentu saja, hal tersebut sangat bisa membuat kita tergiur untuk segera mengganti ponsel lama kita dengan yang beli smartphone baru.

Untuk yang memang sudah membulatkan tekad mengganti ponsel, ada hal penting yang harus diperhatikan saat membeli yang baru. Berikut adalah tujuh langkah bijak yang harus kita hindari saat beli smartphone baru agar tidak salah mengambil keputusan.

Baca juga: Ini 7 Smartphone dengan Kamera Terbaik Saat Ini

1. Jangan Terbius Iklan

Dapat dipastikan, vendor yang baru saja mengeluarkan produk terbarunya akan gencar melakukan promosi di berbagai media. Tak jarang hal ini mempengaruhi keputusan pengguna dalam membeli smartphone baru.

Nah, oleh karena itu mengapa kita harus berhati-hati terhadap iklan. Karena iklan dan promosi akan bisa memanipulasi dengan tampilan foto yang sempurna dan brand ambassador yang memikat. Jika hanya dengan melihat iklan kamu tidak akan tahu kemampuan sebenarnya dari smartphone tersebut.

Teliti dahulu kemampuan smartphone tersebut sebelum membelinya. Jangan membeli karena terbius dengan iklan yang masif dan menggoda.

2. Jangan Terbuai dengan Godaan Sales

Saat beli smartphone baru, jangan terlalu percaya dengan apa yang dikatakan sales. Memang benar ada di antara mereka yang benar-benar tahu mengenai produk smartphone yang sedang mereka jual, namun tidak sedikit sales yang hanya peduli dengan target penjualan dibanding membantu memilihponsel yang tepat bagi calon pembeli.

Penting bagi kita untuk berhati-hati, terutama untuk seseorang yang tidak tahu banyak tentang teknologi ponsel. Tutupi kekurangan pengetahuan kamu soal ponsel dengan meminta saran teman yang memiliki pengetahuan lebih tentang teknologi ponsel.

3. Jangan Terburu-buru saat Memutuskan Beli Smartphone

Ketika kamu pergi ke toko penjual smartphone, cobalah beberapa ponsel agar bisa membantu kita memilih satu yang sesuai dengan budget, kebutuhan kinerja, dan desain yang diinginkan oleh kita.

Jika sudah menemukan ponsel yang diinginkan, jangan langsung terburu-buru memutuskan membelinya. Kita sebelumnya sebaiknya melakukan riset di internet dan perbandingan harga terlebih dahulu di toko-toko ponsel lainnya.

Bisa membandingkan harga dan paket penjualan di toko online maupun ritel. Meski hanya sebentar namun itu bisa saja dapat menghemat uang kamu.

Baca juga: Ladies, Yuks Buang 8 Aplikasi Ini dari Android Kamu!

4. Jangan Pilih Smartphone yang Termahal atau Termurah

Seperti yang diketahui, iPhone X saat ini menjadi salah satu smartphone termahal di dunia, namun itu belum tentu ponsel terbaik untuk kita loh. Mahalnya suatu smartphone biasanya berkaitan dengan branding dan eksklusivitas, sehingga itu tidak menjamin memenuhi kebutuhan kita akan ponsel.

Sebaliknya, ponsel dengan harga paling murah juga belum tentu tepat untuk kita. Bahkan bisa jadi kita bisa saja kehilangan banyak uang dengan membeli opsi termurah, karena perangkat bisa rusak lebih awal dari yang diharapkan dan harus diganti dengan yang baru lebih cepat. Cara terbaik adalah membeli berdasarkan kebutuhan kita.

5. Jangan Loyal terhadap Merek Tertentu

Apple, Samsung, Asus, Huawei merupakan merek yang terkenal dan mereka semua memproduksi smartphone hebat dengan teknologi terbaru. Tetapi bukan berarti kita boleh fanatik hanya terhadap satu merek.

Berpikiran terbuka dan mulai mencari tahu tentang merek-merek lainnya adalah langkah yang bijak. Bisa saja kita menemukan ponsel merek tertentu dengan harga lebih terjangkau, yang justru sesuai dengan semua kebutuhan kita. Kita bisa berhemat tanpa kehilangan kepuasan kita karena kebutuhan akan ponsel dapat dipenuhi.

6. Jangan Abaikan Smartphone Model Lama

Smartphone model terbaru belum tentu yang terhebat dan cocok dengan kita loh. Tidak semua ponsel anyar dapat lebih cemerlang dari pendahulunya. Beberapa smartphone model lama masih bisa untuk memenuhi kebutuhan saat ini, walau mungkin ia tidak lagi tampil di etalase utama toko.

Selain itu, kita bisa membelinya dengan harga lebih murah dibanding saat pertama kali ponsel itu dirilis. Jika toko tak lagi menjual smartphone model lama, kamu bisa mencarinya di toko online.

7. Jangan Beli Tanpa Mengetahui Kebutuhan

Berikut, inilah poin yang paling penting. Kamu bisa membeli smartphone termurah, termahal, terbaru, atau yang sering muncul dalam iklan TV. Lakukan saja jika itu yang memang memenuhi kebutuhan kamu.

Untuk seorang fotografer, tentunya jangan beli smartphone dengan kamera yang lemah. Untuk yang menghabiskan waktu seharian dan tanpa pengisi daya, jangan pilih ponsel dengan daya tahan baterai yang buruk. Sedangkan untuk seorang gamer, jangan habiskan uang untuk ponsel berlayar kecil atau prosesor kelas bawah yang hanya membuat kecewa saat memainkan games.

Itulah 7 poin yang disarankan dilakukan saat membeli smartphone baru. Semoga bermanfaat ya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.