Saat Mudik, Yuks Hindari Minum Minuman Ini

0
minuman

Seruni.id – Mudik, cara masyarakat Indonesia silaturahim dan berkumpul bersama sanak keluarga dan handai taulan di hari yang fitri, Lebaran. Perjalanan mudik merupakan perjalanan yang panjang, hingga diperlukan kondisi tubuh yang fit. Agar tetap fit saat melakukan perjalan mudik, ada baiknya menghindari minum minuman ini.

Ya, selain kesiapan kondisi kendaraan yang baik, menjaga kondisi fisik agar selalu prima selama perjalanan mudik sangat penting. Jangan sampai Anda mengalami dehidrasi saat melakukan perjalanan mudik.

Patut diingat, dua per tiga tubuh manusia terdiri dari air yang berfungsi menyeimbangkan tubuh lho. Kekurangan cairan atau dehidrasi tak saja dapat membuat tubuh lemas atau mengantuk, tapi juga mengganggu kinerja organ lain di dalam tubuh.

Apalagi jika Anda mudik jarak jauh yang perlu waktu lama dan terjadi macet di jalan, kemungkinan Anda akan mengalami kelaparan, dehidrasi dan kondisi fisik yang lemah. Menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda tidak meminum minuman di bawah ini.

Baca juga: Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi, Simak Tipsnya Yuk!

1. Kopi

Minum kopi saat sahur atau berbuka sangat lazim dilakukan pemudik. Hal tersebut disebabkan pemudik beranggapan dengan meminum kopi, maka dapat terhindar dari rasa kantuk yang lebih lama. Sayangnya, ternyata mengonsumsi kopi hanya akan memperburuk gejala lain selain dehidrasi.

Kopi mengandung kafein. Bagi yang sudah terbiasa mengonsumsinya mungkin tidak ada masalah. Tetapi bagi mereka yang baru, apalagi mengonsumsi kopi agar melek lebih lama ketika perjalanan mudik akan menimbulkan keluhan kesehatan lain pada tubuh. Seperti berdebar, hilang konsentrasi atau bahkan karena mengandung kafein jadi menyebabkan diuresis atau banyak kencing. Apalagi kalau disetai gula justru membuat kita semakin mudah haus dan menjadi dehidrasi.

2. Minuman Berenergi

Terkadang pemudik merasa perlu minum minuman berenergi sebagai tonik tubuh. Namun, hati-hati dan perhatikan kandungannya ya.

Sebaiknya hindari minuman berenergi yang mengandung kafein, sebab minuman jenis ini menyebabkan dehidrasi, yaitu merasa sakit dan lemas.

Mengonsumsi minuman berenergi dinilai sama buruknya dengan minum kopi lho.

3. Minuman Dingin

Minum minuman dingin memang terasa menyegarkan jika dikonsumsi saat berbuka puasa. Namun kebiasaan mengonsumsi minuman dingin merupakan salah satu kebiasan yang tidak sehat karena akan menyebabkan kontraksi pada lambung.

Selain itu, minuman dingin juga dapat membuat anda kekenyangan, akibatnya tubuh pun akan malas untuk makan makanan yang bergizi. Efeknya Anda akan tidak bertenaga dan tidak mampu berkonsentrasi dengan baik untuk melakukan perjalanan mudik.

4. Soda

Minum soda memang terasa segar sekali diminum pada saat haus. Tapi hati-hati, minuman berkarbonasi ini dapat membuat perut kembung dan bau mulut.

Soda termasuk salah satu minuman yang fatal jika kamu dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa, karena akan mengakibatkan gangguan sistem pencernaan tubuh. Air soda memiliki sifat yang sangat mudah menyerap air.

Meskipun kita banyak mengonsumsi soda, tubuh tidak akan merasa kenyang dan juga tidak akan meredakan rasa haus, yang ada justru akan menjadi lebih mudah merasakan haus.

Untuk Anda yang hendak mudik disarankan jenis-jenis minuman di atas. Pemudik disarankan melakukan persiapan lain, seperti cukup istirahat, cukup makan, dan perjalanan mudik bisa disesuaikan dengan waktu berpuasa.

Disarankan juga bagi pemudik untuk minum minuman yang mengandung elektrolit untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh serta agar tubuh tidak mudah lemas. Ketika perjalanan pun disarankan untuk beristirahat setiap dua jam sekali.

Jika pemudik masih berpuasa saat melakukan perjalanan mudik, usahakan saat buka dan sahur sudah disiapkan jumlah cairan yang cukup. Sehingga metabolisme tubuh mendapatkan cukup cairan.

Selain minuman, juga hindari makanan berminyak, gorengan atau yang menimbulkan rasa haus. Agar tidak ngantuk dan mudah lelah, hindari juga makan makanan manis dan berkarbohidrat tinggi, makanan bersantan, sayur kol, buah nangka, makanan asin, serta makanan asam.

Semoga bermanfaat, Selamat mudik.

LEAVE A REPLY