7 Tips Mengatasi Setrikaan yang Menumpuk

0
Tribunnews.com

Seruni.id – Menyetrika pakaian biasanya menjadi salah satu pekerjaan yang sangat membosankan, apalagi kalau pakaian yang ingin disetrika itu menumpuk. Benar kan, Moms? Meski mungkin Anda memiliki asisten, pasti ada saatnya kegiatan menyetrika harus dilakukan sendiri entah karena asisten sedang mudik ataupun sakit.

Idealnya memang kita dapat melakukan semua pekerjaan rumah secara rutin sehingga tak ada pekerjaan yang akhirnya menumpuk seperti cucian atau pakaian untuk disetrika. Mungkin dengan mengetahui cara menyetrika yang baik dan benar justru akan membuat Anda lebih cepat untuk mengerjakannya.

Kesalahan pertama, banyak orang yang mengabaikan label informasi untuk pencucian dan penyetrikaan pada pakaian mereka. Karena terdapat beberapa pakaian yang tidak membutuhkan proses penyetrikaan untuk membuatnya rapi. Untuk membuat kegiatan menyetrika menjadi mudah, cobalah tips-tips berikut ini.

1. Panaskan setrika, pastikan panas setrikaan berada di suhu minimal. Karena kalau Anda menghidupkannya pada posisi suhu panas, otomatis akan menghabiskan listrik lebih besar. Lalu atur suhu sesuai dengan jenis kain supaya tidak merusak baju.

2. Pisahkan baju menjadi beberapa kelompok, menurut jenis kainnya atau fungsinya. Pemisahan ini sangat membantu Anda untuk memberikan kemudahan agar dapat menyetrika dengan cepat.

3. Mulailah dengan baju santai yang biasa Anda pakai di rumah atau pakaian lain yang berbahan tipis karena kain seperti ini tidak memerlukan suhu yang terlalu panas. Dan selalu sesuaikan suhu dengan bahan pakaian yang akan Anda setrika.

4. Jangan lupa untuk selalu menyemprotkan cairan pelicin dan berikan sedikit tekanan agar bagian yang kusut cepat hilang.

5. Jangan tergesa-gesa saat menyetrika, lakukan dengan perlahan. Untuk mempercepat proses penyetrikaan, bentangkan pakaian tersebut dan pastikan agar tidak ada bagian yang terlipat. Gosok perlahan dengan suhu yang tepat mulai dari bagian atas, lengan sampai ke bawah. Kemudian balik pakaian tersebut, lakukan hal yang sama.

6. Untuk pakaian dalam dapat disetrika di akhir. Anda bisa mencabut setrikaan terlebih dahulu untuk menghemat pemakaian listrik. Sisa panas di setrika inilah yang bisa Anda gunakan untuk menyetrika pakaian dalam.

7. Setelah selesai, segera lipat dengan hati-hati atau gantung menggunakan penggantung baju dan simpan di dalam lemari pakaian.

Mulai sekarang jangan malas lagi ya Moms untuk menyetrika pakaian agar tidak menumpuk. Semoga beberapa tips di atas bisa bermanfaat.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.