3 Sifat yang Harus Dimiliki Muslimah Tangguh

0
palembang.tribunnews.com

Seruni.id – Perempuan memang tidak sekuat laki-laki. Namun, bukan berarti perempuan itu seorang yang tidak bisa apa-apa. Meski wanita dinilai sebagai sosok yang lemah, tapi  tidak begitu saja menerimanya. Wanita juga bisa menjadi sosok yang tangguh. Bukan tangguh dalam perkelahian.

Namun, tangguh ketika menghadapi rintangan dan tegar saat mendapatkan masalah. Meski menjadi muslimah tangguh bukan hal mudah, setidaknya ada tiga karakteristik seseorang disebut sebagai muslimah tangguh.

Baca juga: Menjadi Perempuan Berprinsip Kuat

Menangis Karena Takut dan Ingat kepada Allah SWT

Dari Abu Raihannah, ia berkata, “Kami keluar bersama Rasulullah ﷺ dalam satu peperangan. Kami mendengar beliau ﷺ bersabda, ‘Neraka diharamkan atas mata yang mengeluarkan air mata karena takut kepada Allah. Neraka diharamkan atas mata yang tidak tidur di jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala.”

Abu Rahainah berkata, “Aku lupa yang ketiganya. Tapi setelahnya aku mendengar beliau bersabda,” Neraka diharamkan atas mata yang berpaling dari segala yang diharamkan Allah.” ( HR. Ahmad, Al-Hakim dalam kitab Shahih-nya, disetujui oleh Adz-Dzahabi dan An-Nasai).

Ketika seseorang merasa takut dan menangis karena Allah Subhanahu wa Ta’ala, dia akan menjauhkan diri dari perkara-perkara yang diharamkan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Contohnya, menghindari sikap putus asa dalam menghadapi ujian.

Baca Juga: Tasyabbuh kah Jika Muslimah Memakai Celana Panjang, Apa Hukumnya dalam Islam?

Mengharapkan Rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Tidak Putus Asa dari Rahmat-Nya

Suatu keharusan bagi seorang muslim untuk selalu berbaik sangka kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Di antara tanda seorang seorang muslim berbaik sangka pada Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah mengharapkan rahmat, jalan keluar, ampunan dan pertolongan Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam setiap menemui ujian.

Allah Subhanahu wa Ta’ala memuji orang yang mengharapkan perkara-perkara tersebut seperti halnya Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan pujian bagi orang yang takut pada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Baqarah [2]: 218).

Baca juga: Cara Mengajari Anak Perempuan untuk Berhijab Sejak Usia Dini

Sabar Menghadapi Cobaan dan Ridha terhadap Ketentuan Allah Subhanahu wa Ta’ala

Agar kita bisa menjadi seorang muslimah yang tangguh kita diharuskan untuk sabar. Sabar yang sebenarnya adalah ketika kita senantiasa menyuarakan kebenaran dan istiqomah meniti jalan kebenaran.

Seorang muslimah yang menetapi kesabaran siap menanggung risiko penderitaan di jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala karena mengatakan dan mengamalkan kebenaran tanpa berpaling, bersikap lemah atau lunak sedikit pun.

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, jekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepafa orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, ‘ Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un’. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk,” (QS. Al-Baqarah [2]:155-157).

Itulah 3 sifat yang harus dimiliki oleh muslimah tangguh. Semoga Allah SWT selalu memberikan hidayah dan petunjuknya, agar kita dapat menjadi pribadi muslimah tangguh, sebagaimana yang kita impikan bersama. Amiin..

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.